Selasa 07 Jun 2016 10:10 WIB

Susu Coklat Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Rep: Santi Sopia/ Red: Winda Destiana Putri
Susu coklat
Foto: corbis
Susu coklat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa tahun terakhir, antusiasme terhadap olahraga dan gaya hidup sehat di Indonesia meningkat.

Masyarakat di Jakarta dan kota-kota lainnya, ramai mengikuti lomba marathon dan juga bergabung di pusat kebugaran dan tempat yoga yang bermunculan dimana-mana.

Olahraga kini juga dilakukan sebagai hobi, bahkan gaya hidup. Menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah berolahraga adalah kebutuhan penting untuk pemulihan otot dan rehidrasi.

Studi terbaru menunjukkan bahwa susu coklat adalah minuman terbaik setelah berolahraga. Ahli gizi Emilia Achmadi MS., RD. mengatakan, susu coklat menjadi minuman terbaik setelah berolahraga. Ini karena kandungan karbohidrat dan protein yang baik untuk pemulihan otot yang ada di dalam susu.

"Kandungan air yang tinggi juga dapat menggantikan cairan yang hilang karena keringat untuk mencegah dehidrasi," ujar dia.

Susu coklat juga mengadung kalsium tinggi dan sodium rendah serta gula yang dapat membantu untuk rehidrasi, pemulihan energi.

Ia menyebut, susu coklat sangat baik diminum setelah berolahraga, sementara susu segar akan membantu meningkatkan kondisi tubuh jika diminum pada pagi hari dan sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement