Senin 06 Jun 2016 11:39 WIB

Yuk Intip Kamar Tidur Rahasia Kru Pesawat

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah
Foto: daily record
Sebuah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita semua mungkin bertanya-tanya apa yang pramugari atau pramugara lakukan jika mereka tak mondar-mandir di lorong untuk melayani kita. Ternyata mereka memiliki sebuah "kamar rahasia" di pesawat yang menjadi tempat mereka beristirahat sejenak saat sedang tidak bertugas.

Seperti dilansir The Daily Record, dari gambar-gambar yang beredar mengenai kamar para kru pesawat menunjukkan beberapa pesawat seperti Boeing 777 dan 787 bahkan memiliki tempat tidur untuk para kru beristirahat. Pesawat-pesawat jenis ini menyediakan tangga menuju kamar rahasia itu.

Dalam pesawat penerbangan jarak jauh, terdapat tangga akan mengarahkan awak ke atas kabin menuju ruang tidur yang dilengkapi kasur, bantal dan tirai. Ruangan ini menawarkan sedikit privasi bagi para kru untuk beristirahat di tengah waktu panjang perjalanan.

Untuk menjamin keamanan, setiap tempat tidur bahkan dilengkapi sabuk pengaman. Itu untuk memastikan kru tidak terguling saat pesawat mungkin mengalami turbulensi.

Pintu rahasia ke kamar para kru ini hampir tak pernah terlihat oleh penumpang sebab tangga-tangga itu tersamar di balik pintu dengan kode keamanan. Sementara untuk ukuran kamar bervariasi pada setiap penerbangan. Tempat tidur kru biasanya diposisikan di belakang area kokpit, di atas bangku penumpang kelas satu.

Boeing 777 misalnya, memiliki antara enam dan 10 tempat tidur dengan masing-masing memiliki area penyimpanan bagi barang-barang awak pesawat. Beberapa petugas ada yang melengkapi televisi di tempat tidur mereka.

Namun meski tampak nyaman, beberapa kru pesawat mengatakan terkadang mereka seperti tidur di dalam peti mati. "Di Boeing 747 itu semuanya tempat tidur dan di 777 itu serasa seperti di peti mati," kata salah satu kru.

Untuk mengatasi itu, para kru umumnya mencoba membuat diri mereka nyaman dengan caranya sendiri-sendiri. Ada yang cukup nyaman dengan selimut dan bantal, ada pula yang mengenakan piyama sendiri untuk membuat tidur nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement