Rabu 01 Jun 2016 07:25 WIB

Dokter Jelaskan Beda Kulit Muda dan Tua

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perawatan kulit berguna untuk memperbaiki kulit yang berubah akibat bertambahnya usia.
Foto: EPA
Perawatan kulit berguna untuk memperbaiki kulit yang berubah akibat bertambahnya usia.

REPUBLIKA.CO.ID, Kulit pada pria atau wanita, usia, dan muda itu berbeda. Dari yang tampak mata saja kelihatan kulit yang usia muda lebih kenyal tanpa kerutan. Sedangkan usia tua sebaliknya. Keriput dan kerutan dimana-mana.

Apa saja sih sebenarnya perbedaan kulit usia muda dan tua? Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bamed Skin Care, Klinik Spesialis Kulit, dr Conny Melly Rosdiana, SpKK, menjelaskan ada tiga faktor penting kulit yaitu kolagen, elastin dan asam hilauronat.

Kolagen ini berfungsi sebagai penahan struktur kulit. Kalau ibarat rumah, kolagen adalah fondasinya.

Sedangkan elastin berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Menjaga kulit agar tetap pada posisi sempurna.

"Jika semakin tua. Maka jumlahnua semakin kurang. Sehingga akan muncul garis hancur, juga kerutab," tambahnya dalam acara Seminar Media Kompetensi Spesialis dan Pemanfaatan Teknologi Kunci Utama untuk Perawatan Kulit Optimal, di Jakarta, Selasa (31/5).

Sementara asam heloronat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. "Nah kalau kekurangan tiga faktor tersebut, maka kulit akan menjadi tipis, muncul kerutan, kering, dan flek hitam bahkan tumor jinak yang menyerupai tahu lalat. Memang tumornya tidak berbahaya, namun muncul seiring penuaan kulit," tambahnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement