Rabu 01 Jun 2016 07:11 WIB

Faktor Ini Jadi Alasan Pentingnya Merawat Kulit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari berdampak buruk bagi kesehatan kulit.
Foto: flickr
Ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bamed Skin Care, Klinik Spesialis Kulit, dr Conny Melly Rosdiana, SpKK, mengatakan perawatan peremajaan kulit itu penting dilakukan. Faktor penuaan menjadi alasannya.

Masalah penuaan terbagi dari dua faktor. Ada penuaan instrinsik. Ada pula penuaan ekstrinsik.

Penuaan instrinsik, lanjutnya, sering disebut penuaan fisiologi. Penuaan ini terjadi secara alamiah. Dan biasanya disebabkan oleh metabolisme oksidatif tubuh. Selain itu bisa juga karena faktor genetik dan hormon.

Sedangkan faktor ekstrinsik, sekitar 80 sampai 90 persen disebabkan karena sinar ultraviolet. Selebihnya karena gaya hidup, merokok, polusi atau radikal bebas, nutrisi juga alkohol.

Penuaan ini membuat kulit terlihat kendur, kurang elastis, tipis, kering, kerutan, pigmentasi juga tumor jinak. "Kalau orang sudah tua biasanya muncul seperti tahu lalat di wajah, jumlahnya makin banyak. Ini adalah tumor jinak yang tidak berbahaya," tambahnya dalam acara Seminar Media Kompetensi Spesialis dan Pemanfaatan Teknologi Kunci Utama untuk Perawatan Kulit Optimal, di Jakarta, Selasa (31/5).

Menurutnya kulit sehat itu penting. Karena berdasarkan penelitian setiap orang berkeinginan terlihat lebih menarik. Dengan tampilan menarik ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri mereka. Dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup serta produktivitas mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement