Selasa 24 May 2016 13:58 WIB

Beasiswa ke Prancis untuk Pianis Berbakat Indonesia

Bermain piano (ilustrasi)
Bermain piano (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis memberikan beasiswa summer course di Prancis untuk salah satu pianis berbakat yang mengikuti kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award (ASA) pada 27-31 Juli 2016.  

Kompetisi digelar di Auditorium IFI ini pendaftaran pesertanya ditutup pada 25 Juni 2016 dan bakal menghadirkan juri dari Indonesia, Spanyol, Australia dan Italia.

Kompetisi piano nasional ASA merupakan perhelatan tahunan yang digelar sejak 2008. Tujuannya, menjaring bakat baru baik dari kelas dewasa maupun anak-anak.

Mulai 2014, pemenang utama Kompetisi ASA mendapat beasiswa summer course di Prancis. Langkah ini juga bagian dari kerja sama IFI dengan Ananda Sukarlan Center (ASC).

"Sesuai dengan misi IFI dan ASC untuk mengembangkan kemampuan dan sumber daya di bidang seni dan budaya kedua belah pihak,” ungkap atase pers Institut Prancis di Indonesia dalam keterangan tertulis diterima Republika.co.id, Selasa (24/5).

Selain penyelenggaraan kompetisi piano, IFI dan ASC juga berkolaborasi dalam penyelenggaraan berbagai konser piano. Salah satunya konser piano Debussy oleh maestro repertoar klasik legendaris dari Prancis Jean-Louis Haguenauer yang akan diadakan pada tanggal 5 Juni 2016 di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD Jakarta.

Konser yang berlangsung dalam rangkaian festival seni budaya Prancis-Indonesia Printemps Français 2016 juga digelar di Bandung (28 Mei 2016), Surabaya (30 Mei 2016), dan Medan (1 Juni 2016).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement