Selasa 24 May 2016 12:15 WIB

Pakar Anjurkan Pria Lakukan Ini Setiap Hari

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Mandi dengan air dingin, membuat tubuh secara alami mencoba menghangatkan diri sendiri.
Foto: pixabay
Mandi dengan air dingin, membuat tubuh secara alami mencoba menghangatkan diri sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua pria tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran fisik. Cara itu seperti berolahraga, makan sayur, membatasi makan daging, serta tidak merokok atau minum alkohol.

Tapi, apa sesungguhnya yang perlu dilakukan para pria untuk merasa lebih baik, sehat, dan bahagia setiap hari? Berikut jawabannya yang dirangkum dari anjuran sejumlah pakar lewat berbagai studi.

 

Mandi air dingin

Sebuah studi pada 2008 menemukan bahwa mandi air dingin setiap hari bisa mencegah gejala depresi dan menjaga suasana hati. Paparan dingin akan mengaktifkan sistem saraf simpatik, meningkatkan kadar endofin, merilis noradrenalin, dan mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf ke otak.

 

Cukur sebagian jenggot

Penelitian yang dilakukan di University of New South Wales menemukan bahwa jenggot adalah indikator alami untuk menilai atribut sosial dan seksual pria. Kaum hawa menilai laki-laki dengan jenggot lebih menarik. Sementara jenggot lebat diasosiasikan sebagai calon orang tua yang baik atau punya kesehatan prima.

 

Kenakan sesuatu berwarna merah

Pilihan fashion ini terbukti secara ilmiah membuat Anda lebih menarik bagi wanita. Menurut studi pada 2010 oleh para ilmuwan dari Inggris, Jerman, Cina, dan Amerika Serikat, warna merah dikaitkan dengan penanda status, peningkatan testosteron, dan dominasi laki-laki.

 

Makan protein untuk sarapan

Donald Layman, profesor emeritus di bidang nutrisi University of Illinois, merekomendasikan 30 gram protein untuk sarapan. Protein dibutuhkan untuk menyediakan nutrisi saat tubuh berada dalam kondisi katabolik setelah tidur malam, selain bisa menstabilkan gula darah.

 

Berjabat tangan

Interaksi sosial yang diawali dengan jabat tangan mengaktifkan bagian otak bernama nucleus accumbens dan bisa membuat pria lebih bahagia dan produktif. Fakta ilmiah ini terungkap dari studi pada 2012 yang dilakukan para peneliti dari University Illinois. 

 

Berperan di rumah

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa lelaki yang membantu pekerjaan rumah tangga punya pengaruh yang lebih kuat daripada yang tidak. Bagi seorang ayah dan suami, hal itu juga memberi efek positif terhadap kebahagiaan istri dan kesejahteraan psikologis anak.

 

Bermain gim

Penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf Amerika Serikat Richard Haier, bermain gim akan meningkatkan fungsi otak kaum pria. Kegiatan menyenangkan itu mengaktifkan sirkuit saraf dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement