Selasa 24 May 2016 08:01 WIB

Batik Garut, Pilihan Modis yang Diburu di Thamrin City

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Beragam pilihan busana dari batik Garut yang ditawarkan di Thamrin City.
Foto: MGROL 68
Beragam pilihan busana dari batik Garut yang ditawarkan di Thamrin City.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Batik Garutan atau biasa yang lebih dikenal dengan batik Garut merupakan batik yang kini sedang ramai diminati oleh anak muda. Alasannya batik ini menawarkan keindahan warna lewat motif yang sederhana. Batik yang satu ini bisa jadi pilihan busana untuk Lebaran atau saat berbuka puasa di bulan Ramadhan bersama sahabat atau keluarga.  

Meski sederhana, batik Garutan tidak kalah dengan batik lain yang motifnya lebih rumit.  Batik Garutan mempunyai ciri khas dalam hal kombinasi permainan warna. Warna-warna dasar yang digunakan cenderung warna cerah seperti seperti hijau, biru atau kuning.

Ciri khas batik Garutan adalah pada motifnya yang umumnya menghadirkan ragam hias datar, dan bentuk-bentuk geometrik. Namun ada pula motif flora dan fauna seperti batik-batik Nusantara lainnya.

De' Green Viola merupakan salah satu butik yang menjual beragam kain dan baju dengan model batik cap Garutan yang dimodifikasi motifnya mengikuti selera anak muda. Butik yang terletak di lantai dasar 1 blok A6 no 1 pusat perbelanjaan Thamrin City ini menjual barang dagangannya dengan kisaran harga mulai dari 80 ribu untuk kain potong, dan Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu untuk baju.

"Karena ngikutin tren yang ada kita bikin motif batik capnya yang kekinian menyesuaikan sama permintaan pasar. Jadi anak muda tetap suka pakainya karena memang dari segi warna dan modelnya nggak heboh, simpel aja tapi elegan kalau dipakai," kata Dwi salah satu karyawan butik De' Green Viola

Dwi juga mengatakan bahwa model yang paling banyak diminati dan selalu distok ulang adalah model blus katun polosan lengan tiga perempat dengan motif potongan batik berbentuk persegi d itengahnya. Motif ini tersedia tiga warna yaitu putih, biru dongker, dan merah muda. Sepotongnya dibanderol dengan harga Rp 175 ribu untuk eceran dan Rp 150 ribu untuk grosiran.

"Lucu-lucu banget warna dan modelnya, harganya juga nggak terlalu mahal. Enaknya kalo beli di sini ramai-ramai jadi lebih murah. Bahannya juga adem-adem jadi nyaman kalau dipakai," ujar Lintang, salah satu pembeli batik cap Garutan.

Selain dijadikan baju, batik Garutan bisa dijadikan outer, rok, celana kulot dan model lainnya sesuai dengan selera Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement