Kamis 19 May 2016 06:27 WIB

Hotel di Cannes Kerahkan Elang Halau Camar Pengganggu Tamu

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Seorang bintang berjalan di karpet merah Festival Film Cannes ke-69. Setiap tahun ajang ini selalu diikuti oleh bintang ternama dunia.
Foto: EPA
Seorang bintang berjalan di karpet merah Festival Film Cannes ke-69. Setiap tahun ajang ini selalu diikuti oleh bintang ternama dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Tak disangka sebuah hotel mewah, Grand Hyatt Cannes Hotel Martinez ternyata mempekerjakan sekelompok elang. Burung predator ini dikerahkan untuk mengusir burung camar yang terbang terlalu dekat dengan area makan luar ruang yang bisa mengganggu para tamu.

Burung-burung ini bukan saja mendekati meja makan tamu yang berasal dari kalangan pesohor dan orang kaya yang terkenal, mereka juga mencuri makanan tamu. Entah itu kacang, steak atau lainnya. Sangat mengganggu.

Burung elang ini sudah dilatih dengan baik untuk pekerjaanya itu. Elang bernama Tsunga sudah siap untuk mengusir burung camar dan mengamankan festival film dunia di kota French Riviera.

"Jika seekor burung camar berbobot satu kilogram hinggap di atas sebuah meja, menyenggol gelas-gelas, sementara para selebritas berjalan di atas karpet merah mengenakan baju-baju unik, jika ada minuman tumpah ke baju mereka, habislah sudah," kata pelatih elang profesional Christophe Puzin seperti dilansir dari laman The Malay Mail Online.

Ia menambahkan pada dasarnya mereka mengirimkan burung pemangsa untuk menyerang burung camar. "Sepanjang hari, ketika kami menyajikan sarapan, makan siang dan makan malam, kami mengawasi untuk memastikan tidak ada burung camar yang hinggap di meja-meja tamu," ujarnya.

Tsunga merupakan satu dari lima elang yang menjadi tim keamanan yang memutari hotel. Bagi pihak hotel, burung elang adalah solusi ramah lingkungan untuk burung camar yang sudah terbiasa dengan manusia. Dengan manusia mereka tidak takut sehingga mereka tidak ragu mendekat dan langsung mengambil makanan.

"Kami pernah melihat seekor camar mencoba mengambil daging punya tamu. Dan beberapa camar lainnya datang untuk mengambil kacang atau makanan lain," ungkap General Manager hotel, Alessandro Cresta.

Alessandro mengungkapkan tentu saja itu sebagian karena kesalahan tamu. Mereka mulai menjinakkan burung camar dengan memberi burung itu makanan. Setelah itu burung-burung tersebut terbiasa dengan keberadaan manusia dan rasa takutnya pun hilang.

Elang-elang tersebut dilatih untuk terbang di atas hotel dengan ketinggian sekitar 150 meter atau 490 kaki. "Burung camar bisa melihat predator alami mereka dan mengerti ada kehadiran baru di sini. Jadi mereka menjauh."

Puzin mengatakan elang itu tidak berbahaya bagi para tamu. "Elang tidak akan pernah menyerang atau agresif terhadap seseorang karena bagi mereka kita ini teman. Kita memberi makan mereka, kita mengurus mereka, dan kita mangsa yang akan menjadi sedikit terlalu besar untuk mereka.”

Festival film Cannes berjalan selama belasan hari dan telah membawa beberapa bintang terbesar Hollywood seperti Julia Roberts, George Clooney dan Kristen Stewart, serta ribuan pengunjung yang datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement