Rabu 18 May 2016 14:39 WIB

Anda Bisa Belajar Banyak dari Sirkus, Ini Buktinya

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Atraksi sirkus
Foto: EPA
Atraksi sirkus

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak tahu dan tak suka sirkus? Pertunjukan penuh atraksi dan akrobat menakjubkan itu sudah digelar di berbagai belahan dunia sejak ribuan tahun lalu.

Jangan hanya memandangnya sebagai hiburan, karena ada banyak hal bermanfaat yang bisa dipelajari dari pertunjukan sirus. Berikut daftar hal yang diajarkan sirkus dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan maupun dunia kerja.

Pentingnya kerja sama

Dalam sirkus, semua dibangun dengan perjuangan dan kerja sama. Bagaimana semua tim mendirikan tenda, menampilkan atraksi, sampai memastikan pertunjukan berjalan lancar; seluruhnya adalah hasil dari kerja keras bersama.

 

Orang biasa dapat melakukan hal-hal luar biasa

Percaya atau tidak, para pemain akrobat berkostum meriah yang Anda kagumi itu hanyalah orang-orang biasa. Namun, ada sesuatu yang membuat mereka mendedikasikan setiap waktunya untuk sirkus dan melakoni bentuk seni yang luar biasa itu.

Saling percaya

Bayangkan para pemain sirkus yang harus melompat setinggi tujuh meter dan meyakini tanpa keraguan bahwa anggota tim lain akan mengatur pengamanan alat dengan baik. Ini adalah kepercayaan berdarah dingin yang berkembang dalam komunitas sirkus dan memungkinkan banyak hal luar biasa terjadi.

Perspektif lain dalam memandang hidup

Bahkan dengan 30 ton truk trailer dan generator berkekuatan 150kVA untuk pencahayaan yang sangat merugikan lingkungan, orang-orang masih menggemari sirkus. Ini masalah kekayaan perspektif memandang hidup, jejak karbon dianggap kecil dibandingkan proses berbagi pengalaman dan sukacita karena bisa menikmati sirkus bersama keluarga.

Belajar menikmati jeda

Sirkus membuat seseorang belajar menikmati jeda dan lebih seksama melihat sesuatu, seperti halnya saat penonton menanti kekosongan di sela pertunjukan dan skeptis terhadap akrobat magis.  Sirkus menyiratkan bahwa hidup ini penuh dengan ketidaksempurnaan aneh, namun indah dan misterius serta selalu bisa dihikmati, dikutip dari Huffington Post.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement