Rabu 11 May 2016 09:41 WIB

Bintang Harry Potter Masuk Rilis Nama Terbaru Panama Papers

Rep: Melissa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari
Emma Watson
Foto: EPA
Emma Watson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama pemain film Harry Potter Emma Watson disebut dalam skandal Panama Papers. Majalah Spectator Inggris menemukan nama Watson dalam basis data yang merilis lebih dari 200 ribu perusahaan offshore dipublikasikan kemarin.

Menurut bocoran dari firma hukum Panama Mossack Fonseca, Emma Charlotte Duerre Watson adala penerima keuntungan di sebuah perusahaan offshore yang berbasis di surga pajak British Virgin Islands.

Menyiapkan sebuah perusahaan offshore tidak ilegal, dan disebut dalam kebocoran bukan berarti melakukan kesalahan. Tetapi, mereka bisa saja menggunakannya untuk menyembunyikan uang dari pihak berwenang.

Seorang juru bicara bintang yang terkenal dengan perannya sebagai Hermione Granger itu mengatakan, tujuan mendirikan sebuah perusahaan offshore adalah untuk melindungi anonimitas dan keamanan.

Ia mengatakan, perusahaan Inggris mewajibkan untuk mempublikasikan rincian pemegang saham mereka secara terbuka. Hal itu tidak memberinya anonimitas yang diperlukan untuk melindungi keselamatan pribadi Watson.

"Perusahaan offshore tidak mempublikasikan rincian pemegang saham. Emma sama sekali bukan mengambil keuntungan bebas pajak atau moneter dari perusahaan offshore mana pun, hanya privasi," katanya dilansir dari News.com, Rabu (11/5).

Watson adalah namu terbaru dalam daftar selebritas kelas atas, politisi dan pemimpin bisnis yang telah disebut dalam kebocoran. Kebocoran ini bahkan telah menyebabkan pengunduran diri Perdana Menteri Islandia.

Nama-nama besar lainnnya termasuk raja Arab Saudi, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, Presiden Suriah Bashar al-Assad, ayah baptis putri Presiden Rusia Vladimir Putin, bintang sepak bola Lionel Messi, aktor Jackie Chan dan ayah dari Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement