Selasa 10 May 2016 07:24 WIB

Patung Hitler Berlutut Dilelang dengan Harga Fantastis

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Patung marmer Hitler yang disimpan di sebuah museum di Polandia.
Foto: EPA
Patung marmer Hitler yang disimpan di sebuah museum di Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada yang cukup menarik perhatian dari sesi lelang seni bertajuk Bound to Fail yang dilaksanakan pada Ahad lalu. Di antara 39 karya yang dikurasikan, ada patung kontroversial Hitler yang sedang berlutut.

Patung yang diberi nama 'Him' tersebut menunjukkan sosok Hitler dewasa dengan tubuh anak-anak. Posisi Hitler digambarkan sedang berlutut seperti sedang berdoa sambil menggenggam kedua tangannya di bawah. Pandangan patung Hitler dibuat oleh sang seniman mengarah lurus ke sebelah kanan.

Patung 'Him' ini dibuat pada 2001 lalu oleh seniman Italia Maurizio Cattelan. Tidak seperti patung pada umumnya, patung Hitler berlutut ini dibuat dari rambut manusia, wax atau lilin dan getah polyester.

Pelelangan patung 'Him' memcahkan rekor penjualan karya seni Cattelan sebelumnya. Pasalnya, patung kontroversial Hitler ini berhasil terjual dengan harga 17,2 juta dolar Amerika dalam pelelangan, atau setara dengan Rp 229 miliar. Sebelumnya, karya Cattelan yang berhasil terjual dengan nilai tertinggi berkisar di harga 7,9 juta dolar Amerika.

Kurator dari pelelangan Bound to Fail, Loic Gouzer, mengatakan bahwa karya 'Him' memiliki makna yang kuat di baliknya. Gouzer mengatakan karya Cattelan tersebut menentang ketabuan dalam merepresentasikan sesuatu. Melalui patung 'Him', Gouzer mengatakan Cattelan menyamarkan perwujudan Hitler yang identik dengan kekejaman di balik tubuh anak-anak.

"Menentang ketabuan dalam penggambaran dengan menyamarkan perwujudan kejahatan (Hitler) di balik jubah kepolosan (tubuh anak-anak)," terang Gouzer seperti dilansir Telegraph.

Dalam lelang yang sama, karya 'One Ball Total Equilibrium Tank' dari Jeff Koons juga berhasil terjual dengan harga tinggi. Karya yang menonjolkan obejk bola basket dan dibuat pada 1985 ini berhasil terjual dengan harga 15,2 juta dolar Amerika, melebihi ekspektasi yang semula 12 juta dolar Amerika.

(baca: Model Rambut Terbaru Justin Bieber Buat Penggemarnya 'Menangis')

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement