Selasa 26 Apr 2016 09:41 WIB

5 Manfaat Menabung untuk Anak

Anak belajar menabung
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Anak belajar menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak duduk di bangku sekolah dasar seorang anak telah diajarkan tentang menabung. Para siswa akan diberikan sebuah buku tabungan layaknya menabung di bank. Setiap hari Anda akan dianjurkan untuk menabung walaupun denan jumlah yang tidak terlalu besar. Tidak hanya itu sebuah hadiah akan diberikan untuk siswa yang rajin menabung. Hal ini dilakukan untuk mendorong siswa untuk rajin menabung.

Pernahkah Anda bertanya kenapa menabung diajarkan sejak kecil, bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar? Banyak yang menganggap bahwa belajar ketika kecil akan lebih mudah dibanding belajar saat dewasa tidak terkecuali belajar menabung, karena hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi anak. Tidak hanya itu menabung juga memiliki sejumlah manfaat untuk anak. Itulah mengapa saat sekolah dasar pun anak sudah belajar untuk menabung dengan menyisihkan sebagian uang jajan yang dimilikinya untuk ditabung.

Jika menabung diajarkan sejak kecil maka diharapkan setelah dewasa pun kita terbiasa untuk terus menabung, karena manfaat menabung tidak hanya dirasakan bagi orang dewasa namun menabung juga bermanfaat bagi anak-anak.

Berikut sejumlah manfaat menabung yang akan diperoleh anak-anak.

Belajar Mengatur Uang Sendiri

Sebagian orang setelah dewasa pun masih terus dalam proses belajar mengatur uang dengan baik. Begitupun bagi anak, jika sedari kecil belajar untuk menabung maka hal itu akan membuatnya untuk belajar mengatur uangnya sendiri. Anak-anak akan belajar untuk mengatur uang mereka sendiri, khususnya kapan atau berapa jumlah uang yang akan ditabung dan jumlah uang yang akan digunakan untuk mereka jajan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan otak anak tersebut.

Belajar Membuat Perencanaan Keuangan

Setiap anak pasti memiliki banyak keinginan, seperti ingin membeli mainan kesukaannya. Bagi orang tua yang tercukupi bisa saja mereka membelikan mainan tersebut dengan mudah. Namun anak tersebut tidak akan mendapatkan nilai apapun selain mainan kesukaannya. Untuk itu, bagi orang tua lebih baik menyarankan anak untuk menabung untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Sehingga dengan proses menabung akan memberikan nilai baik bagi anak tersebut untuk melakukan perencanaan keuangan serta perjuangan jika ingin mendapatkan sesuatu.

Belajar Disiplin

Disiplin memang harus diterapkan sedari kecil untuk setiap hal. Tidak terkecuali dalam menabung. Ketika anak menabung maka akan memberikan pelajaran bagi anak tersebut untuk disiplin. Artinya anak akan belajar disiplin untuk selalu menyisihkan uang jajan mereka untuk digunakan menabung. Tidak sedikit anak anak yang tidak mau menabung dan lebih memilih digunakan untuk jajan atau membeli mainan. Untuk itu sebaiknya anak belajar menabung karena akan membantu anak untuk mempunyai sifat disiplin ini.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement