Jumat 22 Apr 2016 06:26 WIB

Beberapa Fakta Unik Ratu Elizabeth II

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Winda Destiana Putri
Ratu Elizabeth II
Foto: Reuters/Ian Gavan
Ratu Elizabeth II

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Elizabeth II baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-90. Selama memegang tahta Kerajaan Inggris Raya, banyak hal unik tentang dirinya yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Berikut adalah beberapa di antaranya, seperti dikutip Alarabiyah, Kamis (21/4).

Dia hampir selalu memakai anting-anting yang sama di berbagai kesempatan

Sebagai pemimpin negara yang kaya raya, Ratu Elizabeth II bisa saja memilih perhiasan mana pun yang ia suka. Namun, faktanya, ibunda Pangeran Charles itu sering terlihat mengenakan sepasang anting yang sama di telinganya.

Anting-anting yang dipakai oleh sang ratu itu dikenal dengan sebutan Earrings Tombol Queen Mary. Sejak naik tahta pada 1952, foto-foto yang memperlihatkan Ratu Elizabeth II mengenakan anting-anting tersebut nyaris tak terhitung jumlahnya.

Kantor pers Istana Buckingham mengatakan, sepasang anting mutiara yang kerap dipakai Ratu Elizabeth II itu merupakan kado pemberian dari neneknya, Ratu Mary. Kado itu dia terima saat menikah dengan Pangeran Philip pada 1947.

Dia pemilik semua angsa di Inggris

Ratu Elizabeth II secara hukum memiliki semua angsa yang berkeliaran di perairan Inggris. Bahkan, di wilayah selatan Inggris, ada semacam sensus khusus untuk menghitung jumlah unggas jenis tersebut setiap tahun. Sensus itu bermula sejak abad ke-12 silam.

Dia penggemar berat serial TV

Ratu Elizabeth II  ternyata penggemar berat serial drama ‘Downton Abbey’. Dia suka menonton acara itu untuk mengamati ketidakakuratan sejarah yang terdapat di dalam ceritanya. Sang ratu juga dilaporkan menyukai serial fantasi Amerika ‘Game of Thrones’.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement