Kamis 21 Apr 2016 07:11 WIB

Apa Karaktermu? Ini Tips Dandan dan Berbusananya

Rep: c34 / Red: Andi Nur Aminah
Padu padan busana/ilustrasi
Foto: mailonline
Padu padan busana/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilihan gaya dan aplikasi make-up bisa dioptimalkan dengan menyesuaikannya dengan karakter dan kepribadian. Hal itu disampaikan penata gaya Ade Aprilia, yang menggagas skema profil energi Every Day Make-up dan kelas fashion Find Your New Look.

Lia, panggilannya, memiliki empat patokan kepribadian seseorang berdasarkan pergerakan energi yang terinspirasi alam. Saat ditemui di studionya di Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (20/4), ia memerinci pembagian itu yakni team A adalah nitrogen/udara, team B adalah oksigen/air, team C dipengaruhi hidrogen/api, dan tim D berpatokan pada karbon/bumi.

"Sederhananya, A itu cerah ceria, B tenang bersahaja, C dinamis, dan D tegas," kata perempuan kelahiran Jakarta, 21 April 1977 itu sambil menginformasikan bahwa keterangan mendetail selalu ia sampaikan di kelasnya yang diselenggarakan berkala.

Penulis gaya hidup itu menyebutkan, karakter fashion seseorang sebaiknya sesuai dengan pergerakan energi masing-masing. Ia mencontohkan, tipe A bisa mengaplikasikan warna dan bahan yang cerah, ceria, riang, random, tapi ringan.

Demikian pula tipe B yang dianjurkan mengenakan warna dan pakaian yang mencerminkan ketenangan. Sementara, Lia merekomendasikan make-up dan pakaian dinamis untuk orang dengan tipe energi C serta pakaian dengan desain dan corak tegas atau terstruktur bagi team D.

Pilihan itu, ungkapnya, sangat memengaruhi kehidupan seseorang. Mereka yang pergerakan energinya ringan bagai nitrogen, umpamanya, bakal terhambat aktivitasnya ketika make-up atau pakaiannya terlalu 'berat'.

"Semua orang, hewan, tumbuhan, hingga benda mati memiliki energi. Sama halnya dengan apa yang kita kenakan, semua harus support agar pergerakan energinya tidak bertabrakan," tutur Lia yang sudah menerbitkan 80 judul buku mengenai fashion itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement