Selasa 19 Apr 2016 09:48 WIB

Ajang Penghargaan Meriahkan INACRAFT 2016

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Konfrensi Pers INACRAFT 2016
Foto: c34/Republika
Konfrensi Pers INACRAFT 2016

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran kerajinan terbesar dan terlengkap, INACRAFT 2016 bakal dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya INACRAFT Award yang penjurian dan penganugerahannya bakal berlangsung selama acara di Balai Sidang JCC, Jakarta 20 hingga 24 April 2016.

Wakil Ketua Umum I Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Muchsin Rijan, menjelaskan INACRAFT Award merupakan wujud apresiasi bagi para perajin yang menjadi peserta pameran. Kriteria penilaian dalam ajang itu meliputi excellence, authenticity, innovation, marketability, eco-friendly, dan fair.

"Ada tujuh kategori menurut pakem UNESCO yaitu batu, kayu, serat alami, metal, keramik, tekstil, dan produk alami lain," ungkap Muchsin.

Ia memaparkan, terdapat 10 juri kompeten lintas bidang yang memberikan penilaian dalam INACRAFT Award. Tak jarang, para pemenang dalam INACRAFT Award sukses saat dikompetisikan lagi dalam ajang internasional.

Sekretaris Jenderal ASEPHI, Soegiarto, menyebutkan bahwa ajang itu bisa mendorong para perajin untuk meningkatkan kualitas produk mereka. Apalagi, peserta INACRAFT adalah para perajin unggul yang keterlibatannya telah melalui proses seleksi tertentu.

"Seleksi INACRAFT terbilang ketat, tahun ini saja ada 219 waiting list selain 1.400 peserta yang berpartisipasi," ujarnya.

Tak hanya lewat ajang INACRAFT, Soegiarto berkata bahwa ASEPHI juga aktif menggagas peningkatan mutu produk dan para perajin dengan cara lain. Misalnya, dengan melakukan pelatihan, pembinaan, dan sosialisasi di daerah-daerah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement