Ahad 17 Apr 2016 13:23 WIB

Kartini Masa Kini Menurut Novita Angie

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Novita Angie
Foto: IG Novita Angie
Novita Angie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter Novita Angie punya pandangan khusus soal Kartini masa kini yang modern. Menurut perempuan 40 tahun ini, Kartini masa kini adalah sosok perempuan yang selalu menomorsatukan keluarga.

"Kalau memilih untuk berkarier, dia bisa menyeimbangkan antara karier dan keluarga," ungkap finalis Gadis Sampul tahun 1992 tersebut.

Dengan posisinya sebagai istri, ibu dari dua orang anak, dan perempuan yang meniti karier, Angie mengakui tidak mudah membangun keseimbangan itu. Meski demikian, hal yang utopis dan terlihat sebagai mimpi itu tetap perlu dibangun.

Menurut Angie, caranya ialah dengan memiupuk saling pengertian dengan pasangan dan membentuk support system dalam keluarga. Ia mencontohkan; sang suami, orang tua, hingga mertua Angie selalu saling membantu dalam pengasuhan anak.

"Bukan dengan begitu saja menyerahkan, kita juga harus tunjukkan tanggung jawab kita," tuturnya.

Angie menyebutkan, saat ini para perempuan punya banyak kesempatan untuk menjadi apapun yang diinginkan. Semua perempuan bisa mengeksplorasi bakat dan kemampuan dalam segala bidang.

Namun, kesetaraan itu bukan berarti melepaskan tanggung jawab dan kebablasan memaknai emansipasi. Ia menyayangkan, tak sedikit sosok istri dan ibu yang menomorduakan keluarga karena beranggapan bisa menggapai segalanya tanpa siapa-siapa.

"Sebagai perempuan timur, buat aku pribadi Kartini masa kini enggak begitu," kata istri dari Sapto Haryo Rajasa itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement