Kamis 14 Apr 2016 21:55 WIB

Mahasiswa UiTM Malaysia Pelajari Proses Penerbitan Buku (Bagian 2-Habis)

Rep: syahruddin el fikri/ Red: Irwan Kelana
Direktur Utama PT Pustaka Abdi Bangsa (PAB) Arys Hilman Nugraha (kanan) bertukar cinderamata dengan perwakilan rombongan UiTM Malaysia.
Foto: Dok PAB
Direktur Utama PT Pustaka Abdi Bangsa (PAB) Arys Hilman Nugraha (kanan) bertukar cinderamata dengan perwakilan rombongan UiTM Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sembilan mahasiswa program master in information management faculty Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia sengaja datang ke Republika Penerbit untuk mempelajari proses penerbitan buku. Mereka didampingi tiga penasihatnya, yakni Dr Dang Merduwati Hasyim, Dr  Halida Yu, dan Puan Sobariah Awang Mukhtar.

Dalam kesempatan tersebut,  Editor Senior Republika Penerbit Iqbal Santosa menjelaskan tentang proses penerbitan buku, mulai dari penerimaan naskah, proses penyeleksian, hingga editing buku, lalu diterbitkan menjadi buku dan kemudian dipasarkan. “Sejak berdiri hingga saat ini, tak kurang dari 350 judul buku yang sudah diterbitkan Republika Penerbit,” kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, sedikitnya ada empat jenis buku yang ditangani Republika Penerbit. Yakni buku agama, buku anak, novel, dan buku-buku umum. Untuk buku agama, Republika Penerbit memiliki sejumlah karya yang popular, seperti Ihya Ulumuddin, Al-Umm, Nasha’ihul Ibad, Situs-Situs dalam Al-Quran, Sejarah Ibadah, Hadis, Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Adapun untuk novel, di antaranya Ayat-Ayat Cinta 2, Api Tauhid, Ketika Cinta Bertasbih, Pulang, Rindu, Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, Sunset Bersama Rosie, Berjuta Rasanya, Nun, Syam’un, dan lainnya.

Sedangkan untuk buku anak, kata editor buku anak, Andriyati, antara lain  Super Diary, Aku Bangga Menjadi Anak Muslim, Nasruddin Hoja 1-2, Melangkah dengan Bismillah, dan lainnya.

 

Selesai berdiskusi, rombongan beramah-tamah dan foto bersama. Dr Dang Merduwati menyampaikan berterima kasih atas sambutan yang diberikan Republika Penerbit atas kunjungan mereka. Tak lupa pula, perwakilan UiTM bertukar cindera mata dengan pimpinan Republika Penerbit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement