REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendaraan bermotor atau otomotif telah menjadi bagian dari masyarakat masa kini di berbagai pelosok Indonesia, dan belanja online semakin memudahkan orang untuk memenuhi kebutuhan di bidang otomotif.
Memahami gaya hidup tersebut, mal online Blibli.com dengan multi-kategori salah satunya fokus menggarap pasar otomotif, yang dibuktikan dengan kehadiran Blibli.com di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung pada JIEXPO Kemayoran (7/4) sampai (17/4).
Dengan menempati area Hall Accessories Area 1 seluas 13x5 meter, Blibli.com mengajak pengunjung untuk mencoba belanja online kendaraan bermotor, baik mobil dan sepeda motor, serta aksesoris otomotif.
Blibli.com juga menggandeng sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yaitu Toyota, Honda, Daihatsu dan Nissan. Jajaran merek sepeda motor juga telah hadir di situs belanja online di Blibli.com yaitu Yamaha, Kawasaki Suzuki, Vespa Piaggio, Viar, TVS, KTM, SYM, dan Honda.
"Otomotif adalah salah satu kategori di Blibli.com yang terhitung baru dengan pertumbuhan yang sangat positif dan signifikan. Sebagai e-commerce yang melayani 15 kategori, Blibli.com optimis dengan konsep 3S (Sales, Service, Spareparts) akan membuat kategori Otomotif semakin populer," kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto.
Blibli.com juga berpartner dengan satu perusahaan untuk leasing sepeda motor, dan dua perusahaan leasing untuk mobil. Sedangkan dari sisi jenis pembayaran Blibli.com saat ini menyediakan beragam pilihan pembayaran: Bayar di Tempat (COD), transfer, internet banking, dan kartu kredit/kartu debit.
Blibli.com juga menjual tiket online IIMS 2016 sebulan sebelum pameran, dilanjutkan selama pameran IIMS 2016 dilakukan sejumlah program online dan kegiatan offline.
Setiap hari selama pameran IIMS 2016 berlangsung pengunjung juga berkesempatan menikmati Daily Deals yaitu promo penawaran menarik sebanyak 5 produk setiap harinya; belanja ekstra voucher 10 persen untuk kategori Otomotif, dan diskon sepeda motor Rp1 juta.
Blibli.com selain merangkul konsumen juga semakin dekat dengan kalangan komunitas di ajang otomotif IIMS 2016. Hal ini ditunjukkan dengan mengadakan kegiatan kumpul bareng, konvoi, talkshow, belanja dan live tweet competition pada akhir pekan Sabtu dan Minggu selama periode pameran, bersama komunitas Honda Vario Club, CEBERUS (Honda CBR), Lambretta Club Indonesia, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Swift Club Indonesia dan White Car Community.
Akun media sosial Blibli.com selama pameran bakal juga menginformasikan promo-promo spesial Blibli.com untuk kategori Otomotif, selain menyebarkan status kegiatan bersama komunitas, dan secara rutin memberikan live report ajang IIMS 2016, yang dapat dipantau rekan-rekan media sosial melalui tagar #BLIBLIIIMS2016. n Dian Fath Risalah