Selasa 05 Apr 2016 08:10 WIB

Avip Priatna Hadirkan Opera 'Carmen', Perdana di Indonesia

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Opera Carmen garapan Avip Priatna akan tampil di Ciputra Artpreneur mulai 16 April 2016.
Foto: C34
Opera Carmen garapan Avip Priatna akan tampil di Ciputra Artpreneur mulai 16 April 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konduktor Avip Priatna menghadirkan opera klasik Carmen perdana di Indonesia. Pertunjukan tersebut bakal digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (16/4) dan Ahad (17/4).

Avip berkata, sebanyak 120 penyanyi akan ambil bagian dalam kisah opera empat babak karya Georges Bizet itu. Puluhan lagu, termasuk Habanera dan Toreador Song yang terkenal bakal mereka pentaskan secara tunggal (aria) maupun dalam paduan suara.

"Saya tertarik mengangkat Carmen dan menyajikannya sebagai tontonan yang tidak hanya menarik dan indah, namun juga mengedukasi masyarakat mengenai opera," ujar Direktur The Resonanz Musik Studio itu dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Senin (4/4).

Pertunjukan opera Carmen diarahkan oleh sutradara Belanda Jos Groenier dan melibatkan pelatih vokal berdarah Jepang dan Hawaii, Brian Masuda. Avip berkata, para solois andalan Indonesia seperti Heny Janawati, Farman Purnama, Harland Hutabarat, Birgitta Sisca, Rainier Revireino, Hari Santosa, Fitri Muliati, Valentina Aman, Alvin Tobing, dan Renno Krisna akan unjuk kebolehan, ditambah aktris Happy Salma yang didapuk sebagai narator.

Koor paduan suara dalam jumlah besar terdiri dari para penyanyi Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children's Choir. Disampaikan Avip, penampilan mereka diiringi permainan musik dari Jakarta Concert Orchestra.

"Konsepnya mix media, ada tatanan multimedia, suara, dan cahaya agar penonton lebih mengerti jalan ceritanya," ucap Avip.

Secara singkat Avip mengulas, opera ini menceritakan kisah tragis perebutan hati perempuan gipsi bernama Carmen. Ia berkata, The Resonanz bakal mengadirkan Carmen sesuai dengan naskah aslinya yang berlatar belakang Spanyol di abad ke-19.

Avip berharap, opera Carmen yang kali pertama dipentaskan di Paris pada tahun 1875 bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Tiket dapat dibeli di laman daring www.theresonanz.com/operacarmen, dengan kisaran harga Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta yang terdiri dari kelas pelajar, kelas I, kelas II, VIP, dan VVIP.

(baca: Harvey Malaiholo Beri Kejutan di Konser Sheila Majid)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement