Senin 04 Apr 2016 15:25 WIB

Perempuan Diupah Lebih Tinggi di Beberapa Bidang Pekerjaan Ini

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Wanita karier
Foto: Republika/Musiron
Wanita karier

REPUBLIKA.CO.ID, Tingkat pendidikan memang menjadi acuan bagi perusahaan dalam merekrut karyawan. Namun ada faktor lain, yakni gender. Sering kali gender menjadi penyebab adanya kesenjangan upah karyawan. ‎Selama ini pria dianggap lebih unggul dalam melakukan negosiasi upah. Namun situs dunia kerja jobplanet.com menampilan data khusus seputar pekerjaan dan perusahaan. Dari hasil penelusuran, saat ini hampir tidak ditemukan kesenjangan pendapatan pekerja laki-laki dan perempuan.

Data terakhir dari jobplanet.com, berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap informasi gaji memperlihatkan hasil menakjubkan. Sebanyak 60 ribu responden yang tersebar di 35 provinsi Indonesia hingga Maret 2016, Jobplanet membandingkan dan menghitung gaji rata-rata yang diperoleh karyawan laki-laki dan perempuan di level staf dan manajer. Gaji rata-rata engineer perempuan lebih tinggi daripada pria.

Sekitar 46 ribu responden di antaranya merupakan karyawan level staf. Sebanyak kurang lebih 14 ribu responden merupakan karyawan level manajer.

Perbandingan antara responden laki-laki dan perempuan hampir sama, yakni 49 persen pria dan 51 persen perempuan. Analisis Jobplanet menemukan bahwa level staf bidang pekerjaan memberikan gaji lebih tinggi pada karyawan perempuan. Pekerjaan tersebut berhubungan dengan bidang engineering, hukum, dan riset & pengembangan (R&D).‎ Gaji rata-rata staf perempuan di bidang engineering lebih tinggi 10,1 persen dibanding laki-laki. Sementara di bidang hukum lebih tinggi 10,2 persen, dan R&D sebesar 10,1 persen.

Sementara pada level manajer, perempuan mampu memperoleh penghasilan lebih besar 7,6 persen dibandingkan laki-laki. Gaji rata-rata manajer perempuan di bidang engineering lebih tinggi 13,2 persen, dan mereka yang dibidang keuangan serta akuntansi mencapai 10 persen lebih tinggi. Rata-rata manajer perempuan pada divisi R&D memiliki upah 14,1 persen lebih tinggi daripada gaji manajer pria pada bidang tersebut. "Data ini menunjukkan hasil mengejutkan mengingat engineering dikenal sebagai pekerjaan yang didominasi pria," kata Chief Product Officer (CPO) Jobplanet Indonesia Kemas Antonius, pekan lalu.

Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata diterima staf perempuan Indonesia sebesar Rp 3.660.000. Upah tersebut lebih tinggi 1,1 persen dari penghasilan staf pria. Sementara manajer perempuan memiliki penghasilan sebesar Rp 7.696.000, yakni lebih besar 4,6 persen dari manajer pria. Angka tersebut merupakan perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima, belum termasuk bonus dan tunjangan pekerjaan. Namun jika dihitung secara keseluruhan perempuan mendapat penghasilan lebih tinggi dari pria dalam bidang pekerjaan tersebut.

Hasil analisis Jobplanet Indonesia juga menunjukkan semakin banyak perempuan pekerja di Indonesia. Mereka berada di kota-kota besar, dan sudah mulai diperhitungkan keberadaannya untuk mengisi jabatan tersebut. Banyak perusahaan juga sudah mulai mengakui kemampuan perempuan dalam bekerja. Bahkan tidak segan memberikan penghargaan yang baik untuk mereka. Sejak rilis di Indonesia Agustus tahun lalu, jobplanet.com memiliki sekitar 385 ribu anggota. Jobplanet sudah mengumpulkan sekitar 200 ribu konten dalam database. Lebih dari 35 ribu perusahaan sudah terdaftar dalam database Jobplanet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement