Senin 04 Apr 2016 14:32 WIB

Ini Dia 7 Manfaat dari Rasa Bosan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan yang membosankan mungkin dianggap sepele, padahal kebosanan justru memiliki sisi yang bermanfaat.
Foto: ist
Kebiasaan yang membosankan mungkin dianggap sepele, padahal kebosanan justru memiliki sisi yang bermanfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, Rasa bosan ternyata tidak harus selalu dimaknai sebagai sesuatu yang negatif. Sejumlah penelitian justru menunjukkan bahwa hal manusiawi ini bisa bermanfaat bagi kita dalam cara-cara berikut.

Menjadi kreatif

Rasa bosan bisa membuat kita menjadi lebih kreatif karena adanya waktu dan ruang lebih untuk mengembangkan ide dan gagasan. Ketika bosan, kita dipaksa untuk menggunakan pikiran untuk memberikan stimulasi yang hilang sehingga fantasi kreatif dan eksplorasi dapat lebih mudah terjadi.

Memecahkan masalah

Hubungan antara pemecahan masalah dan kebosanan ditemukan pada tahun 1981. Rasa bosan akan membuat kita masuk ke dalam pikiran bawah sadar yang sering lebih baik dalam memecahkan masalah.

Refleksi diri

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih rentan terhadap kebosanan juga lebih mungkin untuk melakukan refleksi diri. Menjadi bosan memungkinkan kita untuk merenungkan hal-hal dalam hidup sehingga dapat menjadi katalis untuk membuat perubahan.

Lebih berempati

Sebuah studi pada tahun 2011 mengungkap bahwa kebosanan dapat menginspirasi orang untuk menjadi altruistik, lebih berempati, dan bersikap tanpa pamrih. Kebosanan sering dikaitkan dengan kurangnya kebermaknaan sehingga orang cenderung mencari kegiatan seperti bakti sosial, menjadi relawan, hingga melakukan donor darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement