Jumat 01 Apr 2016 20:16 WIB

Begini Cara Mudah Pelajari Bahasa Asing

Rep: C34/ Red: Citra Listya Rini
Bahasa Asing (ilustrasi)
Foto: LIBRARY ESCONDIDO
Bahasa Asing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menguasai lebih dari satu bahasa asing sangat bermanfaat dan bisa meningkatkan kompetensi Anda. Ada banyak cara mudah untuk mempelajarinya, berikut beberapa trik yang bisa Anda coba.

- Lewat aplikasi ponsel

Banyak aplikasi ponsel menawarkan pembelajaran bahasa asing yang cukup efektif. Beberapa di antaranya adalah Memrise yang memperkaya kosakata atau Duolingo yang memakai pendekatan menghibur dan holistik untuk belajar bahasa.

- Cari rekan berlatih

Ngobrol dengan kawan dalam bahasa asing atau bergabung dengan komunitas kecil bisa membantu mengasah kemampuan berbahasa. Cara lain, Anda bisa mencari teman native speaker untuk berlatih percakapan di dunia maya.

- Baca, simak, dengarkan

Jika Anda sudah memiliki dasar dalam bahasa asing pilihan Anda, pertimbangkan untuk membeli audiobook berbahasa asing. Audiobook Harry Potter, misalnya, tersedia dalam 68 bahasa berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Belajar dengan membaca dan mendengar buku favorit Anda bakal menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Selain buku, Anda juga bisa menonton film berbahasa asing yang memiliki teks Indonesia atau Inggris.

- Ikut kursus

Jika Anda ingin serius mendalami satu atau beberapa bahasa asing, mengikuti kursus tertentu memang perlu dilakukan. Pilih kelas bahasa yang Anda anggap memiliki metode pembelajaran yang sesuai dan mentor ahli yang bisa membimbing Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement