Kamis 31 Mar 2016 07:57 WIB

Festival Film Malang Ajang Berikan Tontonan Sehat

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Festival Film. Ilustrasi
Foto: Google
Festival Film. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Malam Puncak penganugerahan Festival Film Malang (FFM), Rabu (30/3) malam digelar di depan Alun-alun Tugu Kota Malang.

Presiden FFM, Vicky Arif, mengatakan dihelatnya FFM menjadi salah satu upaya memberikan tontonan sehat kepada masyarakat.

Selama ini publik hanya dicekoki sinetron yang tidak bermutu dan film horor yang vulgar tanpa memiliki nilai edukasi. FFM ingin membuktikan bahwa film bukan saja tontonan, namun juga memberikan tuntunan.

Ia menjabarkan, sejak dibuka pada tanggal 15 Februari lalu, sekitar 217 film karya anak muda mendaftarkan diri dalam festival tersebut.

 

"FFM hadir diapreasiasi cukup luas, kita usahakan festival ini bisa dinikmati seluruh warga," tegasnya.

FFM merupakan kolaborasi antara komunitas Malang Creative Fusion dan sineas muda di Kota Malang. "Ini merupakan festival film pertama di Kota Malang," kata Vicky.

Acara diawali dengan pentas tari yang diperagakan oleh MCF Dance. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek berjudul 'Malang Hari Ini' serta suguhan musik nan klasik oleh musisi asal Malang.

Wali Kota Malang, M. Anton mengaku sangat bangga dengan kebangkitan anak muda yang kreatif di Kota Malang. "FFM menunjukkan bahwa kreatifitas Arek Malang pantas diunggulkan," tandasnya.

Di hadapan para sineas dan masyarakat, Anton juga menegaskan, jika Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, harus diimbangi dengan membangkitkan ekonomi kreatif. Karena, hal itulah nanti yang akan mampu mengerek roda perekonomian.

"Saya yakin Kota Malang bisa menghadapi MEA dengan ekonomi kreatifnya," tandasnya.

Ketua Bekraf, Triawan Munaf juga menyanjung komunitas film Malang yang sudah berhasil membuat festival untuk pertama kalinya.

"Film merupakan subsektor terpenting dalam ekonomi kreatif karenanya kelemahan dalam ekosistem perfilman telah kita atasi dengan mengubah peraturan perundang-undangannya," kata Triawan.

Bahkan Triawan berharap festival film di Malang bisa merambah dunia internasional dengan menggelar Festival Film Internasional Malang.

"Malang sudah masuk peta internasional dalam ekonomi kreatif," tukasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement