Rabu 30 Mar 2016 03:50 WIB

Dua Hal Penting dalam Pembuatan Film

Seorang pelajar serius menyaksikan penggunaan kamera untuk pembuatan film
Foto: CLP Purbalingga
Seorang pelajar serius menyaksikan penggunaan kamera untuk pembuatan film

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sutradara asal Yogyakarta Ismail Basbeth mengemukakan dalam proses pembuatan film ada dua hal kecil yang sangat penting untuk diperhatikan pembuat film. Yakni, manajemen keuangan dan feedback dari penonton.

"Jika sebuah film sudah diputar dan dipertontonkan pada publik, namun tidak memberi efek apapun, berarti ada yang salah dengan film itu," kata Ismail dalam Workshop Fun Film Making di salah satu hotel di Malang, Jawa Timur, Selasa (29/3).

Menurut dia, feedback atau umpan balik yang diberikan penonton sangat penting karena akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan motivasi diri untuk masa mendatang guna menumbuhkan ide-ide dalam membuat film.

Selain feedback, lanjutnya, yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan film adalah manajemen keuangan. "Para filmmakers harus berhati-hati dalam mengelola keuangannya, karena untuk membuat film perlu sejumlah uang guna membeli peralatan proses produksi," ujarnya.

Ia menyarankan para filmakers untuk menyiasati biaya operasional pembuatan (produksi) film tersebut dengan mengatur keuangan dan menginvestasikan ke barang-barang yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah film, seperti laptop dan kamera.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement