Jumat 25 Mar 2016 10:05 WIB

Hakim di Ohio Punya Cara Unik Hukum Pencuri

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Palu keadilan sang hakim
Palu keadilan sang hakim

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- Seorang hakim di Ohio, memiliki cara unik untuk menghukum seorang pencuri. Ia memerintahkan pelaku mengenakan papan bertuliskan "Saya seorang pencuri", sebagai ganti dari hukuman penjara.

Dilansir United Press International, Kamis (24/3), Greg Davenport dari Liberty diizinkan membawa papan bertuliskan "Saya pencuri. Saya mencuri di Walmart", selama delapan jam sehari dalam 10 hari. Hukuman tersebut diberikan untuk mengganti vonis 30 hari penjara yang seharusnya diterima Davenport.

"Saya mencuri, saya mendapat hukuman. Itu saja," kata Davenport kepada WKBN atas vonis tak biasa padanya.

Ia mengatakan, tertangkap saat mencoba keluar dari Walmart setelah mencuri sebuah televisi 52 inci. Ia didakwa dengan pencurian kecil beberapa kali di masa lalu.

Kepala Polisi Liberty Richard Tisone mengatakan ia berharap hukuman semacam ini bisa mendorong Davenport untuk mengubah cara hidupnya.

"Mungkin Anda bisa menyentuh sisi dalam batin mereka. Mungkin membuat mereka sedikit malu dengan fakta mereka harus membawa tanda itu, jadi mungkin akan mempengaruhi beberapa individu," ujar Tisone.

Pengawas ditugaskan untuk memeriksa Davenport setiap jam. Itu untuk memastikan bahwa Davenport mematuhi kewajiban hukumnya.

Davenport mengatakan kepada tim pembela bahwa ia tak malu dengan harus membawa tanda itu dan melambaikan tangan pada mobil yang lewat. Ia mengaku hanya ingin segera mengakhiri hukuman itu.

"Itu lebih baik dari pada aku di penjara," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement