Selasa 22 Mar 2016 06:11 WIB

Kaki Sehat Bersandal? Ini Tipsnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Alas kaki sandal
Foto:
Alas kaki sandal

Gunakan plester

Menggunakan alas kaki baru biasanya akan menimbulkan rasa tak nyaman hingga lecet pada kaki. Jika Anda menggunakan sandal baru, Dokter ortopedi Ken Jung menyarankan agar Anda merekatkan plester di antara jempol dan telunjuk jari kaki Anda untuk memberikan sedikit bantalan pada kaki. Selain itu, Jung juga menyarankan agar Anda tidak terlalu lama dalam menggunakan sandal untuk menghindari terjadinya lecet dan kapalan.

Gunakan sandal hanya untuk bersantai

Sandal bukan alas kaki yang tepat untuk digunakan berkeliling mall atau melakukan aktivitas sehari-hari lainnya. Dokter sekaligus juru bicara American Podiatric Medical Association and Vionic Innovation Lab, Jacqueline Sutera, mengingatkan bahwa sendal sebenarnya diperuntukkan untuk penggunaan di kolam renang dan pantai.

Pasalnya, sandal sejak semula memang hanya didesain untuk melindungi kaki dari pasir dan air. Sandal yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, lanjut Sutera, memiliki risiko menyebabkan Anda tersandung hingga terjatuh.

Penderita diabetes perlu waspada

Penderita diabetes serta beberapa penderita gangguan syaraf terkadang memiliki kesulitan untuk merasakan apa yang terjadi pada kakinya. Hal ini membuat mereka tidak merasakan apa-apa ketika ada benda yang menyangkut atau menusuk kaki.

Ketidakmampuan merasakan sesuatu pada kaki ini juga dapat membuat penderita diabetes tidak merasakan adanya luka atau lecet yang disebabkan oleh tali sendal pada bagian atas kaki. Karena itu, penderita diabetes dan juga beberapa gangguan syaraf disarankan untuk sering memeriksa bagian kaki saat menggunakan sandal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement