Senin 21 Mar 2016 09:27 WIB

Cara Tepat Agar Khasiat Kopi Bekerja

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi latte
Foto: Republika/Amin Madani
Secangkir kopi latte

REPUBLIKA.CO.ID, Kafein dalam kopi terkenal karena kemampuannya untuk membuat kita tetap terjaga dan waspada. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa menyeruput kopi bisa meningkatkan kinerja seseorang.

Namun, kopi tidak serta-merta meningkatkan energi dan produktivitas. Ada cara dan dosis yang perlu diperhatikan agar khasiat kopi benar-benar bekerja, seperti diulas berikut ini.

Tidur cukup terlebih dahulu

Mungkin terdengar aneh, tetapi faktanya, kafein tidak akan banyak berdampak untuk Anda jika Anda terlalu lelah dan banyak begadang. Kafein yang memicu zat kimia otak alami yang disebut adenosin bakal bekerja optimal ketika Anda sudah cukup tidur malam atau tidur siang.

Minum secukupnya

Menurut sebuah studi tahun 2014, konsumsi rutin kafein dapat meningkatkan memori jangka panjang, sehingga seseorang mengingat informasi lebih baik untuk waktu yang lebih lama. Namun, para peneliti di Johns Hopkins University itu memberikan catatan bahwa jumlah konsumsi yang direkomendasikan ialah 200 miligram (setara dua cangkir kopi) selama 24 jam.

Minum kopi sebelum rapat

Ngopi sebelum rapat cukup dianjurkan karena ngopi disinyalir bisa membuat seseorang lebih kooperatif dan kolaboratif. Kafein bekerja dengan sistem adenosin, yang dikaitkan dengan efek peningkatan kreativitas, kecepatan pemrosesan data, dan perhitungan matematika, dikutip dari Times of India.

(baca: Maxx Coffee Tawarkan Kopi Rasa Red Velvet dan Manuka Honey)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement