Senin 21 Mar 2016 06:54 WIB

Mau Hemat? Coba Tanam Sayuran Ini di Dapur

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Serai
Foto: ist
Serai

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin Anda sering berpikir, bagaimana cara menekan pengeluaran bahan makanan agar dapat berhemat. Mungkin sempat terpikirkan untuk mencoba menanam beberapa bahan sendiri.

Hanya saja, kadang alasan lahan dan waktu menjadi penghambat Anda untuk mencoba itu semua. Tapi tenang, ada beberapa tumbuhan yang tidak memerlukan perawatan lebih agar bisa tumbuh untuk mengisi dapur Anda.

Dikutip dari Purewow, berikut ini beberapa tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah di dapur Anda tanpa perlu lahan dan modal lebih.

Bawang daun

Untuk masakan Indonesia, keberadaan bawang duan tidak bisa dilepaskan. Sehingga menanam bawang daun akan sangat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran dapur.

Anda cukup menyisihkan bagian bawah dari batang bawang daun untuk coba dikembangkan kembali. Cukup taruh bagian bawah itu dalam gelas atau toples kecil dengan air cukup banyak hingga menutupi bagian putih batang bawang daun. Tunggu hingga seminggu, Anda akan melihat batang tersebut mulai tumbuh menghasilkan daun bawang baru. Jangan lupa, beri tanaman ini sedikit matahari agar dapat berkembang.

Serai

Serai juga merupakan bahan masak yang sangat familiar bagi orang dapur. Di samping sebagai bumbu masak, serai juga bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

Untuk menumbuhkan serai caranya tidak jauh berbeda dengan bawang daun. Anda cukup memasukkan bagian bawah ke dalam air dan berik sedikit sinar matahari agar seminggu berikutnya daun baru akan tumbuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement