Senin 21 Mar 2016 00:43 WIB

Paramitha Rusady Antusias Ikut Aksi Penanaman Pohon di Tol Cipali

Paramitha Rusady
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Paramitha Rusady

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain sebagai musisi, Paramitha Rusady juga dikenal sebagai aktivis lingkungan. Di setiap kesempatan, Ia selalu menyelipkan ajakan untuk peduli lingkungan, terutama penanaman pohon.

Termasuk saat turut serta dalam program penanaman pohon di Interchange Subang KM 109 jalan Tol Cipali beberapa waktu lalu. Ia mengajak masyarakat untuk terus peduli terhadap keberadaan pohon sebagai salah satu penunjang keberadaan air tanah.

"Penanaman pohon hari ini dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan, juga Hari Hutan tanggal 21 Maret," ujar Paramitha Rusady beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pohon adalah ibu dari mata air. Saat ini keberadaan mata air semakin sulit ditemukan. Terlebih di kota-kota besar. '

"Mata air lama kelamaan kalau tidak dijaga akan punah. Saat ini mata air hanya ada di wilayah tertentu. Karena itu, kalau tidak dijaga maka mata air akan punah," ujar wanita kelahiran 11 Agustus 1966 ini.

Dalam program penanaman pohon yang diusung Djarum Trees For Life bekerjasama dengan Paguyuban Budiasi, BNI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Perum Perhutani, PT. Lintas Marga Sedaya (PT. LMS), serta masyarakat Subang itu juga hadir selebritas lainnya. Yakni penyanyi Lala Karmela dan juga aktivis lingkungan hidup Ully Sigar.

"(Penanaman pohon) Jangan hanya seremonial, tiap hari setiap orang harus jadi rimbawan. Jangan sampai pembangunan jadi penyebab matinya mata air," kata dia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan, pembangunan infrastruktur tentu memiliki dampak yang positif terhadap pembangunan. Hanya saja harus diperhatikan dampaknya terhadap alam. Karena dalam prosesnya ada bentang alam yang dibakukan.

"Disitu pentingnya pembangunan infrastruktur diiringi wawasan lingkungan," kata dia.

Terkait penanaman pohon di sepanjang tol, dikatakanya memiliki sejumlah fungsi. Yakni memperkokoh sepadan jalan dari gerusan air hujan dan limpahan air.

Pohon juga akan berfungsi pemecah hempasan angin dan peneduh di sepanjang tol.

"Juga memberi batas alami pada jalan tol dan tentunya memperindah lingkungan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement