Jumat 18 Mar 2016 13:02 WIB

4 Tips Agar Anda Terbiasa Menabung

Menabung
Foto: flickr
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Pada dasarnya sebagian besar orang telah dibiasakan akrab dengan kegiatan menabung sejak dini. Hal ini biasanya dilakukan oleh para orang tua agar anak-anaknya kelak bisa memiliki pola hidup yang hemat dan gemar menabung. Bukan hanya di rumah saja, namun di sekolah juga kita seringkali menerima wejangan terkait dengan kegiatan menabung.

Hal ini menjadi bukti bagaimana kegiatan menabung memiliki sejumlah manfaat, hingga para orang tua dan guru-guru di sekolah sangat rajin untuk mengingatkan kita akan hal tersebut. Di saat kita telah dewasa, alasan utama dalam menabung tentu sudah berbeda dan terkait dengan beragam kebutuhan lainnya, seperti: persiapan biaya menikah, membeli sebuah rumah, membeli sebuah mobil dan yang lainnya.   

Namun dalam hal ini, Anda justru seringkali tidak bisa konsisten dan rutin menyisihkan sebagian uang sebagai tabungan. Simak beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung.

Sisihkan Uang Pecahan Tertentu untuk Ditabung

Tips satu ini merupakan cara menabung yang populer dan banyak digunakan belakangan ini, Anda bisa menjadikan kegiatan menabung sebagai hal yang menyenangkan dengan cara menyisihkan uang pecahan Rp 20.000  untuk ditabung. 

Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah, setiap kali mendapati uang pecahan Rp 20.000 di dalam saku atau dompet, maka kita bisa menabungnya dengan cara menyimpannya dalam wadah khusus seperti kotak pensil atau botol bekas air mineral. Tetaplah fokus pada uang pecahan dengan nominal tersebut, sehingga kelak kita tidak kesulitan dalam melakukan penghitungan.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada uang pecahan lainnya, dengan asumsi menempatkannya pada wadah terpisah. Hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan, sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan saat melakukannya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement