Selasa 15 Mar 2016 13:12 WIB

3 Trik Persiapkan Biaya Sekolah Si Kecil

Anak sekolah dasar
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anak sekolah dasar

REPUBLIKA.CO.ID, Tak bisa dipungkiri bahwa tingkat pendidikan merupakan tolak ukur meraih masa depan gemilang dan jenjang karir cerah. Oleh karena itu, orang tua harus menyiapkan biaya sekolah si kecil sejak dini agar mereka bisa belajar tenang tanpa rasa khawatir tak bisa mengikuti pendidikan tinggi. Pendidikan juga merupakan kunci utama meraih sukses dan memegang peranan penting dalam penentuan nasib seorang individu di masa depan.

Masalahnya, setiap tahun biaya pendidikan terus meningkat signifikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Lalu, apa yang harus dilakukan demi mewujudkan pendidikan anak? Inilah tantangan besar harus dihadapi para orang tua. Tapi tenang, dengan mengikuti tiga cara sederhana berikut ini, menyiapkan biaya sekolah si kecil bakal lebih mudah, ringan dan terarah.

Menyiapkan Tabungan atau Asuransi Pendidikan

Meski si kecil masih menyusui dan baru bisa merangkak, tak ada salahnya orang tua mulai menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan, termasuk membuat tabungan khusus. Konsistensi dan disiplin harus jadi landasan kuat untuk terus menabung. Jumlah uang pendidikan anak harus ditambah jika pendapatan bulanan keluarga meningkat, tetapi jangan pernah dikurangi sedikitpun bila pendapatan berkurang. Dengan menyiapkan tabungan khusus sejak dini, jadi tak perlu khawatir soal biaya ketika si kecil mulai masuk sekolah.

Setelah kita tahu kebutuhan dana pendidikan anak, langkah selanjutnya adalah menentukan produk keuangan yang sesuai agar tujuan yang kita inginkan tercapai. Belakangan sering muncul produk tabungan dan asuransi pendidikan yang membuat orang tua jadi bingung memilih. Untuk memudahkan berikut ini fitur kedua produk tersebut sehingga orang tua bisa lebih mudah memilih produk yang cocok bagi buah hatinya:

Asuransi Pendidikan

Salah satu manfaat dari produk ini adalah proteksi terhadap kondisi orang tua meninggal dunia atau mengalami kecacatan, di mana perusahaan asuransi akan tetap membayarkan dana pendidikan bagi si tertanggung, dalam hal ini anak. Namun kelemahannya adalah produk ini lebih cenderung ke inti bisnis yaitu proteksi sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda butuh biaya yang lebih banyak dibandingkan produk tabungan pendidikan.

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah produk bank. Nilainya bisa bertambah dengan adanya bunga tabungan yang umumnya melebihi suku bunga untuk jenis tabungan biasa. Kadangkala pihak bank juga bekerja sama dengan pihak asuransi guna memberi proteksi kepada nasabah yang bersifat opsional.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement