Selasa 15 Mar 2016 08:42 WIB

Rambut dan Kuku Bisa Bisa Tunjukkan Tingkat Bahaya Bahan Kimia

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Kuku tangan
Foto: youtube
Kuku tangan

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit bisa datang dari mana saja, dan sering kali tidak menunjukkan gejala yang cukup jelas. Tapi, rambut dan kuku Anda bisa menunjukan kadar tubuh terkena campuran bahan kimia yang berpotensi berbahaya.

Penelitian yang dilakukan Indiana University Bloomington di Amerika Serikat, menemukan jika rambut dan kuku tangan serta kaki dapat memberikan tanda peringat bagi Anda yang terkena bahan-bahan kima berbahaya, atau disebut flame retardants. Bahan tersebut sering kali digunakan pada plastik, busa, kayu, dan tekstil.

"Sedikit yang diketahui tentang paparan flame retardants, kelas terutama baru dari retardants," kata salah satu peneliti Amina Salamova dari Indiana University Bloomington di Amerika Serikat dikutip dari Indian Express.

Studi yang terdapat pada jurnal Environmental Science and Technology, peneliti mengumpulkan rambut, kuku dari 50 siswa di Bloomington. Peneliti membandingkan tingkat bahan kimia yang ditemukan dalam sampel tersebut dengan apa yang ditemukan dalam darah dari orang yang sama.

Salamova dan rekan-rekan penelitiannya menemukan, ada hubungan yang kuat antara tingkat kelompok besar flame retardants, polybrominated diphenyl ethers atau PBDE melalui rambut dan kuku.

Sampai saat ini, para peneliti bergantung pada sampel susu manusia, darah dan urine untuk meneliti tingkat berbahaya. Masih sulit untuk melakukannya dengan menggunakan rambut dan kuku, sehingga penelitian baru ini akan lebih mempermudah untuk melakukan tes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement