Selasa 01 Mar 2016 14:51 WIB

Mewarnai Rambut dengan 6 Bahan Alami

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Kembang sepatu
Foto: flickr
Kembang sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang kadang-kadang memiliki keinginan untuk mengubah warna rambut, tetapi tidak ingin menggunakan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia. Bahan yang tidak alami dikhawatirkan akan berpotensi membahayakan kesehatan rambut dan kepala.

Beberapa sayuran atau buah bisa dijadikan sebagai pewarna rambut alami yang bisa memberikan warna layaknya pewarna rambut komersial, bahkan dengan penggunaan yang alami ini akan meghasilkan warna yang lebih bagus, aman dan murah. Sebagian besar pewarna rambut alami bekerja secara progresif. Pewarna rambut yang progresif biasanya membutuhkan penggunaan lebih dari sekali atau berulang-ulang untuk mencapai warna yang diinginkan. Selain memberikan warna yang diinginkan penggunaan bahan-bahan alami juga akan memberikan kebaikan untuk rambut.

Dilansir dari Healthy Recipes Home, berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pewarna rambut.

Kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai perwarna rambut alami. Bunga sepatu berwarna merah akan memberikan warna merah gelap pada rambut. Penggunaan kembang sepatu sebagai pewarna rambut dapat mencegah kerontokan rambut, menghilangkan ketombe yang menempel di kulit kepala dan melembabkan rambut.

Didihkan bunga selama sekitar 30 menit, lalu saring dan dinginkan, kemudian semprotkan atau tuangkan air yang sudah disaring pada rambut, biarkan sampai kering, lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan warna rambut yang merah perlu penggunaan berulang.

Kunyit

Kunyit memang memiliki sejuta manfaat, salah satunya bisa dijadikan sebagai pewarna rambut alami. Warna kuningnya yang tajam dapat melapisi rambut dan menghasilkan warna pirang gelap atau blonde. Selain sebagai pewarna, kunyit bisa menghilangkan ketombe dan mengurangi kerontokan rambut.

Parut seperempat kunyit lalu peras dan tambahkan sedikit air, lalu semprotkan atau tuangkan ke rambut hingga merata, remas-remas secara perlahan dan diamkan sampai mengering. Jika rambut sudah kering segera bilas hingga bersih. Untuk menghasilkan warna yang bagus, ulangi cara tersebut setiap dua hari sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement