Selasa 01 Mar 2016 10:10 WIB

Ini 10 Fakta tentang Maret

Rep: c34/ Red: Maman Sudiaman
Bulan Maret
Foto: Repro Maman Sudiaman/Republika
Bulan Maret

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan ketiga, Maret, bermula hari ini. Berikut beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang bulan Maret.

1. Maret diambil dari nama Mars, dewa perang Romawi. Ini mungkin karena musim pertempuran Romawi dimulai pada musim semi.

2. Dalam bahasa Inggris kuno, Maret disebut pula Hlyda, atau Lide, yang artinya 'riuh'; mengacu pada angin Maret yang ribut.

3. Penyair Amerika Emily Dickinson pernah berkata, "Maret adalah bulan harapan, banyak hal-hal yang tidak kita tahu terjadi pada bulan ini."

4. Umat Nasrani memperingati hari wafatnya St David yang meninggal pada  hari Selasa, 1 Maret tahun 589 Masehi.

5. Aktor yang namanya mengandung kata Maret, Fredric March, memenangkan dua Oscar sebagai Aktor Terbaik pada tahun 1932 dan 1946.

6. Fredric March, aktor tersebut, mengubah namanya dari Frederick Bickel pada Tahun Baru 1924.

7. Sebuah kota di Cambridgeshire dinamakan "March" karena dulunya merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh rawa-rawa atau marsh.

8. Ada kegiatan unik bernama The March March march yang merupakan parade tahunan siswa Cambridge di bulan Maret.

9. Di Inggris, Maret adalah Bulan Tempat Tidur Nasional. Ide itu digagas dan dijalankan oleh The Sleep Council setempat.

10. Di AS, tanggal 1 Maret diperingati pula dengan yang unik-unik. Di negara tersebut, hari pertama di bulan Maret ialah hari berbagi senyum dan hari selai kacang untuk kekasih. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement