Selasa 23 Feb 2016 17:27 WIB

Ini Daftar Hobi yang Menambah Kecerdasan

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Bermain musik sanggup menambah kecerdasan seseorang.
Foto: pexels
Bermain musik sanggup menambah kecerdasan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada persepsi umum bahwa kita tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kecerdasan. Hal ini membuat kita selalu bertanya 'apakah kita terlahir cerdas atau tidak' dan kita tidak dapat melakukan apa-apa tentang hal itu.

 

Namun, ini semua kesalahpahaman. Sementara beberapa orang memiliki kondisi mencegah mereka untuk dapat meningkatkan tingkat kecerdasan mereka, bagi kebanyakan orang, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat mereka lebih cerdas.

 

Hobi merupakan bagian integral dari kehidupan kita, dan sekali dikembangkan, kita menemukan diri kita tenggelam di dalamnya. Hobi yang menyenangkan dapat memiliki pengaruh yang besar pada kecerdasan.

 

Dilansir dari Lifehack, berikut 10 hobi yang akan membantu untuk menambah kecerdasan yang didukung oleh studi ilmiah dan eksperimen.

 

Memainkan alat musik

Konfusius berkata "Musik menghasilkan jenis kenikmatan yang manusia tidak bisa lakukan". Musik merangsang otak dan telah dibuktikan oleh penelitian juga.

 

Musik memiliki kekuatan untuk memanggil emosi yang kompleks dan keadaan psikologis. Berbagai peneliti telah menunjukkan bahwa kekita mendengarkan musik dan memainkan alat musik dapat meningkatkan kapasitas memori.

 

Memainkan alat musik juga mengajarkan kesabaran dan ketekunan karena membutuhkan waktu dan usaha untuk belajar memainkan alat musik. Hal ini dapat mempertajam dalam berkonsentrasi.

 

Membaca

Hobi ini dapat meningkatkan level kecerdasan. Hal ini lebih lanjut terjadi jika Anda membaca banyak topik yang berbeda, dari fiksi dan biografi, ke antologi.

 

Membaca dapat mengurangi stres, membantu untuk mengalami beberapa emosi, dan mengajarkan banyak pelajaran. Semua faktor ini membantu Anda untuk merasa lebih baik. Menjadi damai dengan diri sendiri adalah salah satu dasar yang paling penting bagi kesejahteraan pikiran yang positif.

 

Membaca sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan, mempersiapkan segala macam situasi dan menjadi lebih produktif dalam bagaimana mencapai tujuan Anda.

 

Meditasi secara teratur

Manfaat utama dari meditasi adalah membantu Anda fokus pada diri sendiri dan untuk mengetahui jati diri. Meditasi juga membantu mengurangi tingkat stres dan menghilangkan segala macam kekhawatiran. Dengan keadaan tenang dan terdiri dari pikiran yang diperoleh melalui meditasi, Anda dapat belajar, berpikir dan merencanakan hal-hal dalam cara yang jauh lebih efektif.

 

Meditasi secara teratur membantu memiliki kontrol penuh atas diri Anda. Menyadari gangguan dan metode efektif pengendalian diri adalah yang paling penting ketika bekerja untuk meningkatkan kecerdasan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement