Kamis 18 Feb 2016 07:33 WIB

Pandji Pragiwaksono Nilai Industri Stand Up Comedy Terus Berkembang

Rep: c27/ Red: Hazliansyah
Pandji Pragiwaksono
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Pandji Pragiwaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandji Pragiwaksono yakin industri "stand up comedy" di Indonesia akan berjalan baik. Industri ini terus berkembang dengan jumlah peminat yang terus bertambah.

"Kalau orang Indonesia bayar Rp 3 juta buat nonton lawak Indonesia kaya ini, itu berarti bagus kan?," kata dia saat menyaksikan penampilan Russell Peters, komika asal Kanada di Mal Kasablanka, Jakarta, Rabu (17/2).

Pandji juga melihat, kehadiran Russell kedua kali ke Indonesia menunjukkan pasar yang bagus bagi Indonesia. Banyak orang yang menyukai tontonan yang tidak hanya musik, pertunjukan musikal, atau film.

Di samping itu, Russell juga dapat menjadi pelajaran berharga bagi komika Indonesia. Komika Kanada itu dapat mengemas tur dunia dengan cara profesional, di mana hal tersebut berhubungan dengan penjualan tiket, membuat pertunjukan, dan mengelola set.

Apalagi, dengan melakukan tur yang terus-menerus, pasti menuntut komika untuk tetap berkarya dan menulis materi baru. Sehingga keahlian komika akan terus terasah dengan kondisi pasar yang dapat mendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement