Kamis 04 Feb 2016 08:09 WIB

3 Tempat di Rumah Paling Disukai Kuman dan Virus

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Dapur di rumah/ilustrasi
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Dapur di rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kuman dan virus bisa dijumpai di mana saja. Seringkali penyebaran kuman maupun virus menjadi penyebab anggota keluarga sakit. Rumah merupakan benteng utama keluarga terbebas dari kuman dan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Praktisi Kesehatan dr. Stella Margaretha mengatakan kuman dan virus yang dijumpai di luar rumah dapat terbawa dan berkembang biak di dalam rumah.

"Beberapa bagian di rumah yang rentan menjadi tempat pembiakan dan habitat bagi kuman dan virus, di antaranya, lantai, kamar mandi dan dapur," kata Stella.

Lantai rumah yang merupakan pusat anggota keluarga beraktivitas bisa menjadi habitat bertumbuhnya kuman. Terlebih anak-anak sering main bermain di lantai rumah dan kerap memasukkan tangannya ke dalam mulut. Sehingga dapat terkena penyakit akibat kuman dan virus yang terbawa dari luar maupun yang dibawa oleh serangga pembawa penyakit, seperti semut, kecoa, lalat atau kotoran dari halaman luar.

Karenanya ia menakankan pentingnya menjaga rumah tetap higienis dan tetap jaga pola hidup sehat bagi keluarga. "Rutin cuci tangan, mandi setiap dua kali sehari, dan tentunya bersihkan tempat-tempat rawan kuman tadi denhan anti septik," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement