Selasa 02 Feb 2016 06:22 WIB

Tak Rutin Bercinta Sebabkan Pernikahan Bahagia Lho

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
 suami istri (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan kerapnya frekuensi bercinta yang membuat pernikahan Anda bahagia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama pasangan untuk menjaga dan mempertahankan cinta tetap hidup.

Studi yang dilakukan Dr Meg John Barker dan Professor Jacqui Gabb terhadap 5.000 orang membuktikan hal itu. Mereka mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan dan dilakukan pasangan dalam menjaga kualitas hubungan.

"Sebanyak 66 persen dari pasangan yang bahagia mengaku hanya berhubungan seks tiga kali dalam sebulan," kata Meg kepada Daily Mail.

Selanjutnya, kata Meg, ribuan pasangan itu harus menjawab pertanyaan "Apa yang paling Anda sukai dari hubungan Anda?". Sepuluh jawaban teratas, ujar Meg, tak satupun menyebutkan hubungan intim.

Lima jawaban teratas yaitu tertawa bersama, berbagi nilai dan minat, menjadi sahabat, diperhatikan dan didukung oleh pasangan, dan merasa aman dan aman. Lima jawaban selanjutnya antara lain bersenang-senang bersama, saling percaya, memiliki hubungan dekat, saling bicara dan mendengarkan, dan saling jatuh cinta.

Reaksi itu sejalan dengan studi yang dilakukan sebelumnya. Survei nasional di tahun 2013 mengenai sikap seksual dan gaya hidup di Inggris menunjukkan, ada penurunan frekuensi hubungan seksual selama dua dekade terakhir.

Spesifiknya, frekuensi bercinta orang berusia 16-44 tahun menurun dari lima kali menjadi tiga kali per bulan sejak awal tahun 90-an. Jadi, rata-rata pasangan hanya berhubungan seks kurang dari sekali seminggu.

Meski begitu, dua pertiga orang yang disurvei mengaku puas dengan kehidupan seks mereka. Dengan demikian, sedikitnya frekuensi berhubungan seks tidak berkaitan dengan ketidakpuasan dalam sebuah hubungan.

(baca: Suami, Lakukan Ini Ketika Istri Berpenghasilan Lebih Besar)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement