Kamis 28 Jan 2016 08:30 WIB

Koin Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Gwangju Cina

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Koin kuno ditemukan di Cina
Foto: Korea.net
Koin kuno ditemukan di Cina

REPUBLIKA.CO.ID, GWANGJU -- Setumpuk koin kuno ditemukan di reruntuhan bangunan bekas pemakaman di Gwangju, Provinsi Jeollanam, Cina. Koin yang disebut Hwacheon itu  diyakini berasal dari jaman Dinasti Xin yang berjaya pada 8 sampai 23 Masehi.

Dilansir dari Korea.net, Pusat Penelitian Dolmen di Asia Timur mengumumkan, Senin (18/1) lalu telah menemukan 50 keping koin kuno saat melakukan penggalian di reruntuhan tersebut.

Ini adalah pertama kalinya setumpuk koin kuno ditemukan oleh lembaga itu. Mayoritas koin memiliki diameter 2,2 cm sampai 2,3 cm. Namun ada juga beberapa yang berdiameter 2,6 cm. Selain koin kuno, ditemukan juga sebuah kendi pendek dan 78 buah manik-manik kaca.

Koin-koin kuno itu sendiri ditemukan di antara tumpukan cangkang kerang dan benda-benda lain yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peradaban kuno Cina. "Setelah penemuan koin kuno Dinasti Xin di dekat Sungai Yeongsan dan di pesisir selatan Provinsi Jeolla Selatan, terbukti ada aktifitas perdagangan maritim dari Korea dengan Dinasti Xin," ujar Pusat Penelitian Dolmen tersebut.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement