Selasa 26 Jan 2016 13:58 WIB

Sebelum Memelihara Kucing, Perhatikan Dulu Ini

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Memiliki hewan peliharaan membantu menjaga kesehatan jantung.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Memiliki hewan peliharaan membantu menjaga kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, Baru mengadopsi atau memelihara kucing? Ada lima hal yang perlu Anda perhatikan agar kucing peliharaan Anda bisa betah dan selalu sehat, ini dia daftarnya.

Siapkan Makanan Sehat

Kucing harus diberi makan berbahan ikan/daging yang bergizi lengkap, seimbang, dan berkualitas. Ada banyak merek makanan kucing yang bisa Anda pilih, baik jenis basah maupun kering.

Sediakan Air Bersih

Kucing umumnya tidak perlu minum banyak setiap hari. Namun, pastikan Anda selalu menyediakan air minum yang bersih dan segar di tempat yang bisa ia jangkau. Sebaiknya, jangan diletakkan dekat wadah makanan karena kucing lebih suka makan dan minum di tempat yang agak berjauhan.

Ajak Si Pus Bermain

Menggelitiki kucing Anda dengan bulu dan mainan lain akan membuat mereka senang. Selain itu, membelai dan bermain bersama akan melatih si kucing serta memperkuat ikatan Anda dengannya.

Periksakan ke Dokter Hewan

Sesegera mungkin, periksa kesehatan awal kucing Anda ke dokter hewan terdekat. Minta rekomendasi dari teman atau tetangga pemelihara kucing atau cari di sejumlah layanan informasi.

Lakukan Toilet Training

Pada dasarnya, kucing adalah makhluk yang bersih dan tak suka sesuatu yang kotor. Jika membiasakannya BAB di baki buangan khusus, pastikan kotorannya dibersihkan sekali sehari, dikutip dari Female First, Selasa (26/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement