Ahad 24 Jan 2016 16:20 WIB

Panggung Melawan Teror Dihelat di Lokasi Bom Sarinah

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Warga Jakarta melakukan aksi solidaritas di lokasi teror bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (15/1).
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Warga Jakarta melakukan aksi solidaritas di lokasi teror bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Insight of Indonesia (IoI) menggelar Panggung Indonesia Berani di area depan Sarinah, Jalan  MH Thamrin, Jakarta, Ahad (24/1). Dengan mengadakan panggung pertunjukan di lokasi sasaran bom beberapa waktu lalu itu, IOI menyeru masyarakat agar tak gentar terhadap teror.

Ketua Umum IoI, P Intan Sari mengecam dan mengutuk tindakan teror yang telah mencederai nilai-nilai kemanusiaan dan ajaran agama itu. Akan tetapi, teror yang berlangsung dinilainya tak akan membuat bangsa Indonesia takut. "Justru bangsa ini akan semakin kuat, berani, dan merapatkan barisan melawan segala bentuk teror dan anti kekerasan," ujar Intan.

Teror pada Kamis (14/1) lalu, dia mengatakan, tidak berdampak signifikan pada pariwisata Indonesia maupun perekonomian nasional. Otoritas keamanan yang mengambil langkah cepat juga membuat keamanan di ibu kota relatif baik dan stabil.

Sebagai wujud melawan teror, organisasi masyarakat sipil yang bergerak pada pemajuan pariwisata, industri kreatif, dan seni budaya itu juga merangkul seluruh kalangan. Perwakilan pemerintah, komunitas, aktivis, dan sejumlah artis nasional turut hadir dalam acara itu.

Sekretaris Jenderal IOI Mohamad Ikhsan Tualeka berujar, panggung itu sekaligus menunjukkan keberanian dan optimisme para pelaku seni Indonesia yang diharapkan mampu mempersuasi warga lain. Sejumlah artis yang turut meramaikan acara antara lain Lyla, Jonathan Frizzy, Samuel Rizal, dan grup vokal Muslimah Noura.

Grup vokal beranggotakan Nina Septiani, Ussiy Fauziah, Laili Meutia, dan 'Sasa' Assyifa itu senang dapat terlibat dalam Panggung Indonesia Berani. Para gadis berhijab itu senang karena bisa terjun langsung selain berbagai aksi lewat media sosial.

Menurut mereka, ramainya pengunjung hari itu adalah bukti bahwa masyarakat tidak banyak terpengaruh oleh teror. Kehadiran Noura di tengah acara juga menjadi argumen kontra bahwa teroris identik dengan Muslim.

"Islam itu menghadirkan ketenangan, cantik, dan menginspirasi," ujar grup yang telah merilis tiga single berjudul Andai Ku Tahu, Kekasih Halal, dan Cinta Sekali Saja itu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement