Rabu 20 Jan 2016 06:50 WIB

Ini Dia Cara Praktis Menghentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Seseorang menggigit kuku karena stres
Foto: Boldsky
Seseorang menggigit kuku karena stres

REPUBLIKA.CO.ID, Kebiasaan menggigit kuku, adalah salah satu hal buruk yang dilakukan. Dokter kulit di New Orleans, Lauren Ploc MD pun menyatakan kebiasaan menggigit kuku tidak baik dilakukan.  Alasannya karena dengan menggigit kuku atau kulit ari kuku jari, akan menjadikan Anda rentan terhadap berbagai penyakit. Karena itu ia menyarankan untuk tidak melakukannya. 

Nah, bagaimana cara menghentikan kebiasaan tersebut? Simak yuk artikel yang dilansir dari laman Safebee.

 

1. Melunakkan dengan pemijatan

Apakah bintil kuku mengganggu Anda? Lakukanlah cara terbaik untuk menghentikan diri mengunyah kulit di sekitar jari dan dasar kuku agar tidak terdehidrasi. Ella Toombs MD, seorang dokter kulit dermatologis di Washington DC meyarankan pemijatan. Pijat ujung jari Anda dengan dengan obat pengurang rasa sakit seperti petroleum jelly. Tentu saja, tidak masalah untuk memotong bintil kuku dengan gunting kuku. Jika itu mengganggu.

 

2. Coba manicure

Kecil kemungkinan bagi Anda untuk menggigit kuku jari jika kuku habus diasah, rapi dan memolesnya dengan warna yang cantik. Apalagi jika Anda membayar seorang profesional dengan baik untuk merawatnya. Jaga kuku Anda tetap pendek dan mengoleskan selapis topcoat setiap beberapa hari untuk membuat kuku Anda terlihat bersih dan segar.

 

3. Hilangkan rasa untuk menggigit kuku

Cobalah pengobatan dengan menghilangkan rasa untuk menggigit kuku dengan cairan untuk kuku. Cairan ini tidak berbahaya dan tidak berwarna. Cairan ini hampir sama dengan cat kuku biasa tapi rasanya lebih pahit. Rasanya mungkin akan cukup membuat Anda tak inggin memasukkan jari ke mulut.

 

4. Catat kapan Anda menggigit kuku

Catat kapan dan dalam kondisi bagaimana Anda sering menggigit kuku. “Saya mendorong pasien  membuat jurnal untuk mencatat apa yang mereka lakukan dan rasakan apabila mereka mendapat dorongan untuk menggigit kuku mereka,” ujar Ploch.

Setelah menemukan pemicu yang membuat Anda ingin mengigit kuku, coba tenangkan diri Anda dengan aktivitas lain. Beberapa rekomendasi dari Ploch dan Toombs adalah dengan merajut, memijat stres bola, meditasi, yoga dan mengambil napas dalam.

 

5. Hentikan anak menggigit kuku

Jika anak Anda mengigit kukunya, potong kuku mereka dan buatlah kulit ari atau kutikula menjadi lembut. Ini akan membantu mencegahnya menggigit kuku. Jika dia sudah berusia lebih dari empat tahun, carikan teman untuk melakukan manikur dan biarkan dia memilih warna cat kuku yang dia inginkan. Anda juga dapat mencoba menempatkan mini stiker pada kukunya. Catat pula kapan anak Anda mengigit kuku dan apa pemicunya. Cegah anak memasukkan kuku ke dalam mulutnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement