Selasa 19 Jan 2016 13:01 WIB

Membawa Bayi ke Hotel? Pastikan Kamarnya Aman dengan Empat Hal Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Bayi di kamar hotel (ilustrasi)
Foto: Safebee
Bayi di kamar hotel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kamar hotel dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang membawa bayi mereka berjalan-jalan dan menginap di hotel. Pasalnya, di kamar yang disewakan kepada banyak orang tersebut terdapat ancaman kuman yang bisa terdapat di banyak tempat. Mulai dari remote televisi hingga meja dan tempat penyimpanan.

Agar anak terhindar dari kuman, penting bagi orang tua untuk melakukan beberapa tindak pencegahan sebelum mengistirahatkan bayi mereka di kamar hotel. 

Berikut ini ialah empat tips yang bisa dilakukan orang tua demi kenyamanan bayi mereka saat beristirahat di kamar hotel, dilansir Safebee.

 

1. Pilih lantai terbawah

Saat menginap di hotel bersama bayi, orang tua dapat mencoba untuk meminta kamar yang terletak di lantai bawah atau pertama. Dengan meminta kamar di lantai paling bawah, orang tua dapat mengurangi risiko bayi mereka terjatuh. Selain itu, memilih lantai di tingkat terbawah juga akan meringankan beban orang tua yang harus menggendong bayi mereka menuju kamar hotel.

 

2. Cek dengan teliti

Orang tua tidak akan pernah tahu apa yang ditinggalkan penghuni kamar hotel sebelumnya, yang mungkin luput dibersihkan oleh petugas hotel. Karena itu, sebelum menempatkan bayi di kamar, orang tua dapat merangkak sejenak seperti tinggi anak mereka saat melakukan hal yang sama. 

Dengan menggunakan perspektif yang sama dengan bayi, orang tua dapat meneliti bagian bawah kasur hingga kolong meja untuk melihat ada atau tidaknya bekas obat, kancing, peniti hingga hal lain yang mungkin tertinggal dan dapat membahayakan anak.

 

3. Bawa lakban dan kawat pelintir

Ada beberapa bagian kamar hotel yang harus dijauhi dari jangkauan bayi. Beberapa di antaranya ialah bagian ujung furnitur yang tajam, sumber listrik serta bagian kunci pintu. 

Untuk menghindarkan ujung furnitur yang tajam, orang tua dapat melapisi bagian ujung yang tajam tersebut dengan kertas yang tersedia di kamar hingga membentuk bantalan kemudian melakban kertas tersebut. 

Sedangkan untuk kabel-kabel yang berada dalam jangkauan bayi, orang tua dapat menggunakan kawat pelintir untuk membuat posisi kabel menjadi lebih tinggi dan jauh dari jangkauan anak. Agar anak tidak menjangkau sumber listrik dan keluar dari pintu, orang tua juga dapat menempelkan dan menutupi sumber istrik dan bagian kunci pintu kamar hotel dengan lakban.

 

4. Bunuh bakteri dan serangga kecil

Tak peduli seberapa bagus kamar hotel yang akan ditempati, orang tua perlu menyadari bahwa ancaman kuman tetap akan ada. Oleh karena itu, orang tua perlu membawa tisu basah anti kuman untuk membersihkan berbagai benda dalam kamar hotel.  Tisu basah anti kuman tersebut dapat membunuh kuman pada remote televisi, tombol lampu hingga berbagai benda lain dalam kamar hotel yang berada dalam jangkauan anak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement