Senin 18 Jan 2016 09:51 WIB

BakeInc, Usaha Kue Rumahan Juara Program Bisnis Online Rakuten

Rep: Santi Sopia/ Red: Winda Destiana Putri
Rakuten
Foto: Google
Rakuten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BakeInc, usaha yang mengkhususkan diri menjual kue buatan rumahan keluar sebagai juara program belanja online, "Rakuten Dream Merchant".

Program Dream Merchant yang dimulai sejak tahun lalu ini diadakan untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia mencapai kesuksesan dalam bisnis online.

Program yang berakhir pada Desember tahun lalu ini melihat tiga UMKM yang bersaing ketat dan memperoleh lebih dari 800 suara secara nasional. Dan akhirnya program ini menobatkan Natasha Denova Caesar, pemilik BakeInc sebagai pemenangnya.

Program yang dimulai pada September 2015 ini diikuti lebih dari 1000 bisnis dalam jaringan (daring) yang bergabung dengan Rakuten Belanja Online. Program ini bertujuan menyiapkan para pedagang lokal dengan keterampilan dan fasilitas yang diperlukan untuk bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

BakeInc dinilai sebagai satu-satunya pedagang yang berjanji memberikan keuntungannya untuk tujuan sosial, melalui kampanye mereka, "1 Toples=Donasi Rp 1000".

Layanan yang mereka berikan, yaitu pengiriman dalam 1 hari juga selaras dengan mentalitas layanan Jepang yang hebat yaitu Omotenashi. Pengiriman dalam satu hari bertujuan menjaga makanan tetap segar dan baik ketika sampai di pelanggan.

Manager Konsultan Niaga Elektronik (E-commerce) Rakuten Belanja Online, Greta Christina mengatakan program ini lebih dari sekadar kompetisi. Menurutnya, ini merupakan program pemberdayaan pedagang lokal, untuk semua UMKM di Indonesia dan usaha mikro.

"Kami menyediakan pelatihan, dukungan dan layanan konsultasi untuk mereka," kata dia.

Inisiatif itu untuk memberdayakan UMKM dalam mengambil manfaat dari internet. Agar mendorong penjualan dan menjangkau pelanggan baru dengan mengimplementasikan nilai Rakuten, yaitu Omotenashi, Fun dan Empowerment.

Rakuten diklaim sebagai marketplace sesungguhnya yang memberikan kesempatan bagi pedagang untuk dapat membangun hubungan individual dan memberikan sesuatu yang lebih kepada para pelanggan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement