Senin 18 Jan 2016 06:25 WIB

Kaki Anda Bau? Ini Tips Menghilangkannya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Sepatu yang tidak pas bisa menimbulkan bau kaki
Foto: safebee
Sepatu yang tidak pas bisa menimbulkan bau kaki

REPUBLIKA.CO.ID, Bau kaki sungguh tidak menyenangkan. Buat Anda sendiri juga buat orang lain tentu saja. Untuk menghindari bromhidrosis atau bau pada kaki, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini seperti dilansir laman Safe Bee belum lama ini. 

 

1. Bersihkan kaki Anda

Gunakan sabun anti bakteri setiap mencuci kaki. Pastikan Anda mencuci bersih sela-sela kaki dan mengeringkannya dengan handuk bersih. Ajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang sama.

 

2. Pakai bedak

Bedak antijamur atau bedak bayi dapat menyerap kelembaban pada kaki. Bedak juga mampu menyamarkan bau kaki. Caranya, gosokkan bedak pada kaki yang kering. Taburkan juga ke dalam kaus kaki yang Anda pakai. 

 

3. Pakai kaus kaki katun

Memakai kaus kaki yang tepat dapat mencegah bau kaki. Kaus kaki berbahan 100 persen katun diketahui mampu menyerap keringat dan air pada kaki, yang bisa menyebabkan lecet, tumbuh jamur dan bau. Direkomendasikan menggunakan kaus kaki berbahan campuran wol atau katun/polyester. Pastikan ganti kaus kaki sesering mungkin, terutama setelah olahraga.

 

4. Ganti sepatu

Cobalah untuk tidak memakai sepatu yang sama setiap hari. Bagian dalam sepatu Anda juga memerlukan waktu tersentuh udara. Disarankan sepatu yang bau dijemur di bawah sinar matahari langsung. Anda juga bisa mencoba menyemprot bagian dalam sepatu dengan cairan disinfektan. Pastikan sepatu benar-benar kering ketika akan dipakai.

 

5. Pakai sepatu milik sendiri

Hal ini penting, terutama bagi anak-anak yang senang memakai sepatu saudara kandungnya. Ajarkan mereka memakai barang masing-masing agar bakteri yang ada di dalam pakaian tidak berpindah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement