Jumat 15 Jan 2016 14:21 WIB

Ini Cara Jitu Deteksi Kebohongan

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Sesungguhnya ada sejumlah kebohongan yang justru bisa membuat hubungan tetang hangat dan baik.
Foto: hercareer
Sesungguhnya ada sejumlah kebohongan yang justru bisa membuat hubungan tetang hangat dan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Berbohong adalah sesuatu yang dapat menghancurkan hubungan sebuah keluarga. Entah kebohongan itu dilakukan anak kepada orang tua atau sebaliknya. Atau mungkin seorang suami yang membohongi istri atau sebaliknya pula.

Terdapat beberapa ciri atau indikasi yang dapat Anda tangkap ketika anggota keluarga Anda berbohong. Mark Bouton, seorang agen FBI yang telah bertugas selama 30 tahun akan memberikan tanda-tanda kebohongan yang muncul, baik melalui gestur, tuturan, mimik, ataupun gerak-gerik.

Menurut Bouton, salah satu ciri umum ketika seseorang berbohong adalah mereka akan menyentuh pipi atau menggosokkan jarinya di bawah hidung.  Selain itu, Anda juga mungkin akan melihat kekeringan pada mulut mereka.

Ciri lainnya, kata Bouton adalah produksi lendir berlebih, sehingga akan mereka akan cenderung batuk. “Reaksi tersebut disebabkan oleh kegelisahan dan beberapa reaksi kimia dalam tubuh,” jelasnya, seperti dikutip situs The Times of India.

Masih ada tanda-tanda lainnya yang akan membantu Anda mendeteksi kebohongan anggota keluarga. Yakni melihat apakah mereka mencebikkan bibir ketika berbicara dan mengamati mata mereka, apakah melirik ke kiri dan ke kanan secara bergantian. “Jika seseorang menunjukkan lebih dari satu ciri tadi, Anda dapat yakin bahwa mereka berbohong,” ujar Bouton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement