Senin 11 Jan 2016 11:06 WIB

Terjebak Dalam Lift? Ini yang Harus Anda Lakukan

Rep: c23/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah warga memanfaatkan lift. (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah warga memanfaatkan lift. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Terjebak di dalam lift bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengalaminya. Terlebih bila Anda adalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan yang cukp mapan dan menggunakan lift setiap harinya untuk kebutuhan mobilitas di lingkungan kantor.

Bila Anda terjebak di dalam lift, berikut ini beberapa tips keselamatan yang bisa dilakukan seperti yang dilansir laman Safebee:

 

1. Tekan tombol bertanda ‘bantuan’

Bila orang terjebak di dalam lift, mereka pasti akan merasa terganggu dan cemas. Namun bila Anda menekan tombol ‘bantuan’, pertolongan pasti akan datang dan sesegera mungkin mengeluarkan Anda dan orang-orang lain yang terjebak di dalamnya.

 

2. Hubungi 911

Bila Anda telah menekan tombol bantuan namun tidak ada respons, gunakan ponsel untuk menghubungi nomor emergensi 911.

 

3. Jangan menekan tombol ‘gempa’ kecuali memang terjadi gempa

Banyak lift yang telah dilengkapi tombol bertuliskan ‘gempa’ untuk mengantisipasi kecelakaan ketika gejala alam itu terjadi. Bila tombol ‘gempa’ ditekan, lift akan mempercepat Anda menuju lantai pertama yang tersedia.

 

4. Jangan pernah mencoba untuk keluar dari lift

Tindakan ini benar-benar berbahaya. Bila Anda terjebak di dalam lift, ada baiknya Anda menunggu daripada harus membobol atap lift, mencoba keluar, namun dengan risiko terjadi insiden yang besar.

 

5. Jangan panik

Bila semua usaha telah dicoba dan dilakukan tapi belum ada respons, cobalah tarik napas dan tenangkan diri Anda. Membuat sebuah percakapan dengan orang-orang di sekitar Anda juga akan cukup membantu mengatasi situasi yang diselimuti kepanikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement