Kamis 07 Jan 2016 13:32 WIB

Memotong Bawang? Ini Cara yang Benar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Memotong bawang merah/ilustrasi
Foto: wikimedia
Memotong bawang merah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bawang merupakan salah satu bumbu dasar yang paling sering digunakan dalam memasak. Namun, sayangnya banyak orang yang terkadang salah dalam melakukan pemotongan bawang.

Pakar seni kuliner, Danilo Alfaro, menjelaskan dalam laman Culinary Arts, memotong sebuah bawang merupakan satu tugas dapur paling umum, dan biasanya dianggap sebagai salah satu hal yang paling mudah dilakukan. Tapi apakah cara memotong bawang yang Anda lakukan sudah benar?

Banyak instruktur masak mengajarkan sebuah teknik yang membuat potongan horizontal pada bawang. Tapi menurut Danilo, jangan pernah melakukannya lagi. Mengapa? Sederhana saja memotong bawang menyamping ke arah jari Anda, itu membahayakan diri Anda. Anda akan memotong diri Anda sendiri. Bahkan sekalipun Anda memiliki tangan dari titanium, cara memotong bawang seperti itu salah.

Potong ujung bawang

Sebelum Anda memulai, pastikan Anda memiliki papan untuk memotong atau sering disebut talenan juga pisau yang tajam. Siap mulai memotong? Letakkan bawang di atas talenan didepan Anda dan potong bagian ujung atas dan bawahnya.

Potong bawang setengah memanjang

Ujung bawang Anda sekarang sudah datar. Ini bagus karena Anda dapat memutarnya dan meletakkannya di salah satu ujung datar itu dan bawang tersebut tidak akan menggelinding. Anda harus memiliki sisi datar yang lain menghadap ke arah Anda. Sekarang letakkan mata pisau Anda menyilang di tengah ujung bawang menghadap ke atas.

Tapi pisau harus bersinggungan dengan sedikit mata di tengah-tengah bawang. Hati-hatilah memotong setengah bawang dengan mengiris lurus ke bawah melalui pusat atau bagian tengah bawang. “Catat cara saya, jari dan jari telunjuk membentuk semacam lengkungan diatas di bagian atas pisau.Yang memungkinkan Saya menjaga bawang tetap dalam posisi tepat dan stabil, tanpa membuat jari saya terkena pisau,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement