Selasa 05 Jan 2016 08:44 WIB

5 Negara dengan Tradisi Tahun Baru Paling Unik

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Tahun baru dirayakan dengan meriah di sejumlah negara dunia, tapi di beberapa negara ada tradisi unik yang membalut pergantian tahun.
Foto: EPA
Tahun baru dirayakan dengan meriah di sejumlah negara dunia, tapi di beberapa negara ada tradisi unik yang membalut pergantian tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahun baru baru begulir. Malam tahun baru kerap menjadi momen istimewa bagi banyak orang di seluruh dunia. Bisa berkumpul bersama keluarga, teman-teman, dan orang terdekat, menjadi kesenangan tersendiri di detik-detik menuju pergantian tahun.  

Biasanya, banyak orang yang merayakan momen pergantian tahun dengan makan bersama, bermain kembang api, serta berpesta. Namun, tahukah Anda di beberapa negara, terdapat tradisi malam tahun baru yang sangat unik.

Dirangkum dari News.com.au, inilah beberapa negara yang merayakan  momen pergantian tahun dengan cara unik nan aneh.

Peru

Jika merayakan tahun baru di Peru, Anda harus mempersiapkan boneka yang berbentuk selebritas atau tokoh-tokoh politik seperti presiden. Di negara ini, terdapat tradisi untuk melemparkan boneka-boneka ini ke api unggun.

Hal tersebut bertujuan mewakili perasaan benci dan amarah terhadap orang-orang terkenal. Bahkan, tradisi ini juga semakin diramaikan dengan membakar ban dan plastik, agar api lebih menyala dan asp semakin banyak.

Amerika Latin

Negara-negara di Amerika Latin memeriahkan malam pergantian tahun dengan mempersiapkan pakaian dalam mereka. Dengan berbagai warna yang mewakili harapan di tahun yang akan datang, orang-orang di sana kemudian menggantungkannya di segala tepat.

Jika Anda ingin mendapatkan cinta di tahun yang baru, celana berwarna merah bisa menjadi pilihan. Sementara, kuning melambangkan keberuntungan dan kesuksesan.

Putih mencerminkan perdamaian dan biru kesehatan serta ketenangan. Apapun yang terjadi, jangan pernah menggantung warna hitam di malam tahun baru karena ini adalah simbol nasib buruk.

Skotlandia

Di negara ini, dikenal istilah Hogmanay atau yang berarti hari terakhir di tahun ini. Terdapat serangkaian tradisi unik yang dilakukan untuk memperingati hari tersebut. Salah satu yang paling aneh adalah adanya keyakinan siapa yang menginjakkan kaki pertama kali di rumah Anda.

Jika yang datang mengetuk pintu rumah adalah laki-laki berambut gelap dan membawa makanan, ini adalah tanda keberuntungan di tahun depan. Namun, bila yang datang adalah perempuan tanpa hadiah itu pertanda buruk.

Selain itu, menyambut tabun baru dengan membiarkan rumah berantakan juga dianggap sebagai hal yang buruk. Karena itu, penting bagi warga Skotlandia untuk memebersihkan penjuru tempat tinggal mereka sebelum malam pergantian tahun tiba.

Kanada

Di negara-negara barat, tahun baru jatuh tepat saat musim dingin berlangsung. Tak terkecuali di Kanada.

Tentu, banyak orang yang ingin merayakan tahun baru dengan berkumpul bersama dan menghangatkan diri di dalam rumah. Namun, di Kanada, warga setempat justru memilih untuk berenang di kolam dengan suhu di bawah 0 derajat.

Irlandia

Roti tentu menjadi sajian nikmat, baik untuk sekadar mengganjal perut atau saat Anda kelaparan. Namun, di Irlandia roti nampaknya berfungsi untuk menjadi benda yang dilempar.

Pada malam tahun baru, warga di negara itu tak ragu untuk memukul-mukul dinding serta pintu rumah mereka dengan roti. Hal ini dimaksudkan untuk mengusir segala jenis roh jahat yang ada.

Sebagian orang di Irlandia juga merayakan malam tahun baru dengan menaruh daun mistletoe di bawah bantal. Saat mereka tidur, mereka akan meminta permohonan untuk dapat bersama dengan kekasih impian di tahun yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement