Senin 04 Jan 2016 16:16 WIB

Pendiri Facebook akan Buat Asisten Seperti Milik Iron Man?

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Mark Zuckerberg
Foto: globalnews
Mark Zuckerberg

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Pendiri Facebook Mark Zuckerberg selalu membuat tantangan-tantangan untuk dirinya setiap tahun baru. Tahun ini ia berencana membuat asisten 'artifisial' cerdas untuk membantu mengurus rumah.

Dilansir laman The Guardian, Senin (4/1), pada Ahad (3/1) lalu Zuckerberg mengungkapkan rencananya pada 2016. Ia mengatakan ingin membuat asisten artifisial cerdas untuk membantu mengurus rumah dan membantunya di tempay kerja.

Setiap tahun, Zuckerberg memang berkomitmen menantang dirinya melakukan sesuatu. Tahun 2015 lalu, ia menantang dirinya membaca buku setiap dua pekan. Semua rencana-rencana itu ia kerap ungkapkan di Facebook.

"Anda dapat menganggapnya sejenis Jarvis di Iron Man," kata Zuckerberg, mengacu pada kepala pelayan artifisial cerdas yang muncul di komik dan film marvel itu.

Zuckerberg akan memulai proyeknya dengan mengeksplorasi teknologi yang ada. Ia kemudian akan mulai mengajarkan kepada asisten artifisialnya itu agar dapat memahami suaranya sehingga akan belajar mengendalikan segala sesuatu di rumah seperti musik, lampu dan suhu.

Rencananya Zuckerberg juga akan mengajarkan asistennya untuk membiarkan teman-temannya ke rumah dengan mengidentifikasi wajah mereka saat membunyikan bel pintu. Asistennya tersebut juga akan memvisualisasikan data untuk mendukung Zuckerberg di tempat kerjanya.

"Ini harus menjadi tantangan menyenangkan untuk melakukan penyandian untuk diri sendiri. Saya tak sabar untuk berbagi apa yang saya pelajari selama tahun ini," ujar Zuckerberg.

Tantangan lain Zuckerberg yang telah diambil pendiri Facebook tersebut termasuk membaca dua buku setiap bulan dan belajar bahasa Mandarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement